Fit

Olahraga sambil mendengarkan musik, 5 manfaat ini bisa kamu dapat

Bagi kebanyakan orang, mendengarkan musik terutama dengan menggunakan earphone saat sedang olahraga jamak dilakukan. Memang musik saat ini menjadi salah satu hiburan yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Musik dapat membuat olahraga menjadi lebih asyik dan menyenangkan karena iramanya. Dengan demikian, olahraga bukan lagi hanya sekadar cari keringat untuk sehat, tapi juga sekaligus mencari kesenangan.

Baca juga: Studi: Mikroplastik ada dalam tubuh manusia, sumbernya dari alat makan

Selain menyenangkan, ternyata berolahraga sambil mendengarkan musik memiliki manfaat lho. Penasaran hal baik apa saja yang bisa didapatkan dari mendengarkan musik saat berolahraga? Simak ulasan berikut ini.

Mengurangi kelelahan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat berolahraga dapat membuat pengalihan. Orang yang sedang olahraga akan kurang menyadari akan pengerahan tenaga dan rasa sakit yang dialami saat bergerak, sehingga badan agak sedikit lebih rileks.

Ilustrasi wanita berolahraga sambil dengarkan musik. Foto: Juan Pablo Rodriguez di Unsplash

Karena badan sedikit rileks, maka olahraga berat akan terasa lebih ringan. Tak hanya itu, musik juga dapat membuat waktu terasa singkat, apalagi saat melakukan olahraga yang membutuhkan waktu panjang.

Membantu lebih fokus

Saat berolahraga, biasanya ada saja hal-hal yang membuat distraksi dan mengalihkan perhatian. Misalnya tiba-tiba ada yang datang untuk mengajak ngobrol. Jika sudah demikian, tentu fokus saat olahraga tentu akan teralihkan.

Nah, jika kamu mendengarkan musik saat olahraga, terutama menggunakan earphone, orang lain cenderung akan tidak mau mengganggu, selain itu musik juga dapat membantu pikiranmu jadi lebih fokus.

Meningkatkan mood

Sebuah penelitian yang dilakukan pada Agustus 2013 menemukan bahwa orang sering mendengarkan musik sebagai cara untuk mengubah suasana hati dan kesadaran. Peserta studi mengatakan, mendengarkan musik memungkinkan mereka untuk memikirkan diri sendiri, siapa yang mereka inginkan dan memberikan mereka ‘pelarian’ dari kenyataan yang sedang dihadapi.

Tak bisa dipungkiri memang, suasana hati atau mood yang buruk dapat dengan mudah diubah dengan mudah karena mendengarkan musik. Begitu pula dengan olahraga, sambil mendengarkan musik dengan tempo cepat, bisa menciptakan mood baik dan semangat yang makin meningkat.

Memberikan motivasi

Jika kamu sedang kehilangan motivasi untuk berolahraga, cobalah kembali olahraga sambil mendengarkan musik. Pasalnya para peneliti menemukan bahwa ketika kamu mendengarkan musik dengan tempo yang cepat, otak menjadi bersemangat.

Ilustrasi mendengarkan musik. Foto: Element Digital di Unsplash

Akibatnya, kamu akan terdorong terus bergerak ketika sedang berolahraga dan berusaha lebih keras lagi hingga akhirnya berhasil menyelesaikan sesi olahraganya.

Membakar kalori lebih banyak

Saat mendengarkan musik tubuh juga akan bergerak mengikuti iramanya. Tak jarang, ketika mendengarkan musik dengan beat yang cepat dan asyik, maka bawannya ingin selalu menari. Dengan mendengarkan musik, maka tubuh jadi lebih banyak bergerak. Ini artinya, kalori yang terbakar pun akan lebih banyak.

Nah, itulah tadi 5 manfaat yang bisa kamu dapat dari mendengarkan musik saat olahraga. Mulai sekarang, kamu dapat menyusun playlist di HP kamu atau pemutar musik apapun yang kamu punya. Ada baiknya pilih lagu-lagu yang memiliki tempo cepat agar olahraga kamu makin bersemangat.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close