Hobi

OMSPAN: Laman monitoring dan reporting transaksi SPAN

Ditjen Perbendaharaan telah mengembangkan suatu aplikasi berbasis web yang dinamakan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (Aplikasi OMSPAN).

Aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, terinci dan terintegrasi mengenai implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

OM-SPAN (online monitoring SPAN) merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses melalui jaringan internet, digunakan untuk melakukan monitoring transaksi SPAN, serta menyajikan reporting sesuai kebutuhan.

Dasar hukumnya adalah Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2014 tentang Penggunaan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.

Konsep OMSPAN

OM-SPAN. Foto: Situs Ekonomi
OM-SPAN. Foto: Situs Ekonomi

Adanya aplikasi ini membuat user pada KPPN / Satker tidak perlu melakukan akses langsung ke sistem SPAN, tetapi dapat menggunakan komputer lain / mobile device.

Aplikasi ini dikembangkan secara inhouse oleh tim pada Direktorat DTP, sehingga jika dibutuhkan pengembangan kedepannya dapat dilakukan secara cepat.

  • OMSPAN G2  dapat digunakan mulai tahun 2016 dengan tetap menyediakan dashboard untuk monitoring transaksi penerimaan, pengeluaran dan penyaluran APBN melalui SPAN, termasuk monitoring pagu DIPA, Realisasi Anggaran, Sisa Anggaran, Penyelesaian SP2D oleh KPPN, Data Penerimaan, dan Rekonsiliasi.
  • Penyempurnaan yang dilakukan pada OMSPAN G2 ini antara lain adalah perbaikan dari sisi kecepatan dan kenyamanan para pengguna. Dari sisi kecepatan, perbaikan dilakukan terhadap respons time aplikasi sehingga akses para pengguna semakin cepat. Sedangkan dari sisi kenyamanan, perbaikan dilakukan dengan membuat tampilan resolusi gambar yang dapat menyesuaikan perangkat pengakses seperti monitor layar lebar, tablet, dan telepon seluler.
  • OMSPAN G2 tetap menggunakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses oleh para pengguna dengan menggunakan browser Google Chrome yang terkoneksi internet. Terkait dengan penggantian default browser yang diperlukan OMSPAN G2, mohon kiranya satker dapat melakukan install / set up browser tersebut pada PC yang digunakan untuk akses OMSPAN G2.
  • Alamat situs untuk mengakses OMSPAN G2 masih sama dengan tahun lalu, yaitu spanint.kemenkeu.go.id .

Syarat pengajuan user OMSPAN

OM-SPAN. Foto: Blog Secret
OM-SPAN. Foto: Blog Secret

Untuk login ke dalam aplikasi tersebut, telah disediakan user dan password untuk seluruh satker per-DIPA.

User dan password dapat diperoleh dengan terlebih dahulu mengajukan persyaratan dengan format dan lampiran sebagaimana diatur dalam Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-41/PB/2014 tentang Penggunaan Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara, antara lain:

  1. Surat permohonan pembuatan User ID dan Password Aplikasi Online Monitoring SPAN
  2. Form isian / data pengguna Aplikasi OM-SPAN Level SATKER

Modul-modul dalam OMSPAN

OM-SPAN. Foto: DJPb Kemenkeu
OM-SPAN. Foto: DJPb Kemenkeu
  1. Modul Penganggaran: Untuk mengetahui informasi revisi DIPA, realisasi dan sisa pagu, termasuk informasi mengenai penolakan revisi DIPA karena menyebabkan pagu minus
  2. Modul Komitmen: Untuk mengetahui informasi tentang data supplier
  3. Modul Pembayaran:Untuk mengetahui status Payment Management Resume Tagihan (PMRT), mencetak daftar SP2D dan rekap penerbitan SP2D serta Karwas UP/TUP
  4. Modul Penerimaan: Untuk monitoring potongan SPM, realisasi pendapatan per-akun, juga dapat digunakan untuk mengetahui NTPN yang benar atas transaksi setoran yang telah dilakukan dan unduh ADK konfirmasi / koreksi penerimaan negara
  5. Modul Bank: Untuk monitoring status SP2D termasuk informasi mengenai retur SP2D
  6. Referensi: Selain fungsi monitoring tersebut Satker juga dapat mengetahui kode Satker, kode KPPN dan kode akun yang benar dengan memanfaatkan menu referensi yang telah disediakan

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close