Trending

Organisasi massa Islam ini geruduk Balai Kota, minta supaya Anies ditangkap

Sejumlah massa yang mengatasnamakan pihaknya sebagai mahasiswa dari organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO melakukan unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa, 6 April 2021.

Berdasarkan pantauan di lapangan, puluhan massa melakukan aksi long march dari kawasan Tugu Proklamasi hingga Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

Tampak video yang beredar di jagat media sosial, salah satunya yang diunggah akun @by_tukangrosok, sejumlah massa mengenakan atribut bendera Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berwarna hijau lengkap dengan kopiah.

Mereka membawa sebuah spanduk dengan bertinta merah dengan tulisan, meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“HMI MPO Se-Jakarta Bersatu Mendesak KPK Tangkap Anies. HMI MPO Siap antar ke KPK,” bunyi pada spanduk tersebut.

Organisasi massa Islam ini geruduk Balai Kota, minta supaya Anies ditangkap. Foto: Twitter
Organisasi massa Islam ini geruduk Balai Kota, minta supaya Anies ditangkap. Foto: Twitter

Salah satu massa yang mengaku sebagai Ketum HMI MPO Cabang Jakarta Irfan Maftuh menjelaskan bahwa aksi ini dilakukan karena banyak yang menduga Anies Baswedan dan kepengurusannya banyak terlibat kasus korupsi, di antaranya berkaitan dengan rumah DP 0 rupiah.

“Hari ini kawan-kawan HMI, majelis penyelamat organisasi (MPO) secabang Jakarta mengadakan aksi demonstrasi di depan Balai Kota untuk mendesak KPK agar segera tangkap Anies,” ujar Irfan Maftuh, pada Selasa, 6 April 2021, mengutip Detik.

“Karena menurut kajian-kajian dan analisa yang kami kaji selama ini, bahwa Gubernur DKI Jakarta banyak mempunyai kasus-kasus yang saat ini belum dibongkar oleh KPK. Maka hari ini kami HMI MPO Cabang Jakarta dan Jaksel, yang tergabung di cabang se-Jakarta untuk segera turun ke lapangan dengan tuntutan yang pertama kasus DP 0 perumahan DP 0 persen, kedua kasus TGUPP, ketiga kasus lahan tanah GOR, dan lain-lain,” lanjutnya.

Di sekitar area lokasi aksi unjuk rasa, terlihat aparat kepolisian berjaga dan mengamankan jalannya demonstrasi. Namun, tak ada penyekatan maupun penutupan lalu lintas dalam aksi demo kali ini.

Organisasi massa Islam ini geruduk Balai Kota, minta supaya Anies ditangkap. Foto: Twitter
Organisasi massa Islam ini geruduk Balai Kota, minta supaya Anies ditangkap. Foto: Twitter

Padahal sebelumnya, Pengurus Besar HMI MPO membantah bahwa aksi itu atas nama oraganisasinya. Pihaknya dengan tegas mengatakan tidak ada yang menggelar aksi itu.

Bahkan Ketua PB HMI MPO Affandi Ismai memastikan tidak ada satu orang pun pengurusnya yang terlibat dalam aski tersebut.

“Dengan sangat tegas, saya mengatakan bahwa rencana aksi geruduk Balai Kota itu bukanlah kebijakan Pengurus Besar HMI MPO secara kelembagaan dan saya pastikan tidak ada satu pun Pengurus Besar HMI dan Pengurus Badko HMI yang terlibat dalam rencana aksi tersebut,” kata Ketua PB HMI MPO Affandi Ismail, pada Senin, 5 April 2021.

Terlebih Affandi menilai, Anies merupakan salah satu kader terbaik HMI MPO yang kala itu aktif di cabang Yogyakarta.

“Mas Anies adalah salah satu kader terbaik HMI. Lebih khusus, beliau dalam sejarahnya pernah menjadi kader di HMI MPO cabang Yogyakarta,” jelas Affandi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close