Trending

PA 212 tak terima Cak Nun sebut Rizieq Shihab bukan habib

Ketua Media Center PA 212, Novel Bamukmin merespons pernyataan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun terkait penyebutan gelar yang disandang pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab. Novel mengatakan, apa yang disampaikan Cak Nun sejatinya keliru alias tidak benar.

Menurut Novel, Cak Nun sebaiknya lebih mendalami lagi sejarah zuriat atau garis keturunan rasul. Sehingga, sosok yang acap mengisi ceramah kebudayaan itu bisa lebih paham mengenai penyebutan gelar.

Baca juga: Cak Nun ungkap siapa sebenarnya Rizieq Shihab: Dia bukan habib, tapi…

“Beliau kurang tepat aja, sih,” ujar Novel Bamukmin, dikutip dari Okezone, Sabtu 14 November 2020.

“Karena beliau sudah sepakat tentang keturunan Nabi Muhammad bahwa beliau juga tahu tentang keturunan Nabi Muhammad baik dari Sayidina Husain dan Sayidina Hasan cuma kurang tepat dalam penempatannya menurut yang lazim dari para ahlul bait/keluarga Nabi saat ini yang sudah masyhur, yang sudah lekat di tengah umat Islam,” sambungnya.

Novel Bamukmin
Novel Bamukmin. Foto: Suara

Sebelumnya, Cak Nun mengatakan, ada sejumlah kekeliruan terkait pemaknaan kata ‘habib’ di Indonesia. Sebab, sebagian masyarakat kita menilai, mereka yang dipanggil habib, sejatinya merupakan dzurriyah atau zuriat Nabi Muhammad. Padahal, kata dia, belum tentu.

Berkenaan dengan Habib Rizieq, merujuk pada silsilah keluarganya, Cak Nun menilai, Imam Besar FPI tersebut lebih pantas dipanggil ‘syarif’ ketimbang ‘habib’. Setidaknya hal itu yang termuat di saluran Youtube Qahar Quotes, belum lama ini.

“Jadi, (tokoh) yang mimpin aksi 212 dan 411, Rizieq Shihab itu bukan habib, tapi (seharusnya dipanggil) Syarif Rizieq. Lho, pasti kalian semua bingung, kan?” tutur Cak Nun di hadapan para pendengarnya.

“Syarif itu turunannya Sayiddina Husein. Kalau turunannya Sayiddina Hasan bin Ali itu sayyid. Pokoknya, kalau bisa yang kayak begitu kita cari tahu. Saya kalau manggil Rizieq Shihab itu ‘rif, syarif…’, gitu. Karena dia memang syarif. Kalau habib itu enggak ada hubungannya dengan zuriat atau darah Nabi Muhammad,” sambungnya.

Habib Rizieq Shihab, salah satu pemuka agama yang pernah dipenjara
Habib Rizieq Shihab, salah satu pemuka agama yang pernah dipenjara Foto: Suara

Cak Nun dan pemaknaan gelar habib di negara lain

Lebih jauh, Cak Nun berkisah, pemaknaan ‘habib’ di Indonesia dengan negara-negara di Timur Tengah cenderung berbeda. Bahkan, di sana, status ‘habib’ bisa disematkan ke orang-orang yang melakukan perjalanan jauh ke Mekah atau Madinah untuk bertemu nabi dan menyampaikan rasa cinta mereka.

“Kalau habib dari Arab itu orang-orang Yaman dan negara-negara pinggiran yang datang ke Mekah dan Madinah untuk mencari Rasulullah karena mereka sangat kagum dan mencintai Rasulullah. Makanya, mereka disebut habib karena mereka cinta kepada Rasulullah,” kata dia.

loading...
Topik

1 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close