Hobi

Ambruknya raksasa GM: Setelah RI, pabrik Thailand segera tutup

Kawasan Asia Tenggara telah menjadi wilayah terberat bagi produsen General Motors (GM), setelah melepas pasar Indonesia, produsen asal Amerika Serikat ini akan segera tutup fasilitas pabrik mobil yang berlokasi di Rayong, Thailand.

Teror di rumah Ketua Umum PA 212

Penghentian bisnis GM di Negeri Gajah Putih sendiri diketahui karena minimnya penjualan jajaran produk Chevrolet, baik di pasar lokal maupun untuk ekspor.

Kondisi tersebut seperti diungkap laman resmi GM, Selasa 18 Februari 2020. GM Thailand telah membuat beban yang cukup berat bagi General Motors pusat, serta berdampak pada terganggunya rencana strategis baru yang akan dilakukan GM di pasar global di masa mendatang.

“Keputusan untuk menghentikan operasional bisnis di Thailand, menjadi pilihan untuk menunjang strategi global dan alokasi modal internal kami,” kata GM Strategic Markets, Alliances and Distributors President Andy Dustan.

Rencananya GM akan tutup pabrik di Rayong akan dilakukan akhir 2020. Penutupan pabrik dinilai bukan sebagai perhitungan kualifikasi kualitas para karyawan dan mitra strategis yang ada di Thailand, namun sebagai rencana global yang tengah dipersiapkan.

Sebagai informasi, General Motors Indonesia menutup pabriknya yang berada di Bekasi pada 2015. Fasilitas tersebut dijual tak lain karena alasan efisiensi, meski salah satu produknya Spin yang berasal dari pabrik Bekasi, tengah naik daun.

Peran GM di Indonesia yang tak miliki pabrik sempat bertahan dengan menjual jajaran produknya yang masuk ke pasar otomotif nasional melalui versi CBU yang dipasok dari beberapa negara. Namun angka penjualan yang masih minim, membuat GM akhirnya mengakhiri bisnisnya di tanah air tahun lalu.

Saat ini General Motors hanya memberikan jaminan perawatan melalui jaringan bengkelnya di seluruh Indonesia. Komitmen ini pun menjadi kontrak kepada konsumen yang masih setia meggunakan produk GM melalui merek Chevrolet. (MD)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close