Lifestyle

Pakai sarung tangan saat belanja gak bisa cegah penularan corona

Banyak yang berubah semenjak wabah COVID-19, salah satunya intensitas memasak kebanyakan orang menjadi lebih sering. Hal ini tentunya memaksa kita untuk keluar rumah guna membeli berbagai kebutuhan pangan. Nah, sebagai bentuk perlindungan diri, sebagian besar dari kita merasa perlu untuk menggunakan sarung tangan.

Lantas, apakah penggunaan pelindung tangan saat berbelanja akan membuat kita terhindar dari tertular virus? Jawabannya, tidak.

Ilustrasi supermarket
Ilustrasi supermarket. Photo by Hanson Lu on Unsplash

Sarung tangan tak sepenuhnya melindungi

Jika menyentuh bagian yang terkontaminasi, virus dapat melekat di sarung tanganmu, dengan demikian virus akan menjalar ke jari-jarimu. Belum lagi jika menyentuh bagian-bagian wajah, seperti mulut ataupun hidung, dengan pelindung tangan yang masih melekat.

Baca juga: Terseret prank motor Jokowi, reaksi Wanda Hamidah cuma begini

Lalu saat melepaskannya jadi bagian yang rentan. Dilansir dari Web MD, Sabtu, 23 Mei 2020, saat sarung tangan dilepas maka berbagai jenis kuman dengan mudah menyebar ke tangan dan wajah jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Faktanya, kamu akan lebih rentan terkena virus corona karena persebaran cairan dari orang yang berbicara ataupun yang bersin di sekitarmu, dibandingkan dari benda-benda yang kamu sentuh.

Sarung tangan
Sarung tangan. Foto: Luisella Planeta Leoni dari Pixabay

Inilah mengapa physical distancing sangat penting. Untuk melndungi dirimu di pusat perbelanjaan, gunakan masker dan jaga jarak dengan pengunjung lainnya. Jangan lupa juga untuk merencanakan barang apa saja yang akan akan dibeli, sehinnga kamu dapat keluar dengan cepat dari pusat perbelanjaan.

Tetap harus cuci tangan

Karena sarung tangan tidak cukup untuk melindungi diri, maka cuci tangan masih menjadi cara paling ampuh untuk mencegah penularan virus.

Gunakan hand sanitizer saat hendak masuk ataupun keluar dari pusat perbelanjaan. Semprotkan disinfektan secukupnya pada pegangan troli. Setibanya di rumah, cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Bersihkan pula benda-benda yang kiranya kotor, seperti handphone dan tas yang dibawa saat berbelanja.

Tidak bisa melindungi orang lain

Saat berkeliling di pusat perbelanjaan, sarung tanganmu dapat terkontaminasi akibat benda-benda yang kamu sentuh. Alhasil, kamu dapat menularkan kuman atau virus ke orang lain. Untuk melindungi orang lain, sentuhlah sedikit mungkin barang. Jangan mengambil sesuatu kemudian meletakkannya kembali.

Sarung tangan dan masker medis
Sarung tangan dan masker medis. Foto: leo2014 dari Pixabay

Jangan buang-buang sarung tangan medis

Sarung tangan medis sejatinya digunakan kala seseorang dalam situasi yang rentan terinfeksi, misalnya terekspose cairan tubuh seperti darah, urin, ataupun muntah.

Alat pelindung itu akan melindungi pasien, tenaga medis, maupun petugas lain di rumah sakit. Berbeda halnya saat kamu berbelanja, sarung tangan tidak memberikan manfaat yang signifikan. Terlebih, saat ini APD terancam langka akibat jumlah permintaan yang membludak, sama halnya dengan masker medis. Maka ada baiknya jika kamu bijak dalam menggunakannya. (Naryati)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close