News

Panglima Kumbang yang kawal Habib Bahar tak sembarangan, kebal senjata

Ada salah seorang yang mendapat perhatian ekstra oleh media saat menjemput kebebasan penceramah Habib Bahar bin Smith dari Lapas Cibinong, Sabtu lalu, 16 Mei 2020. Dia adalah Panglima Kumbang.

Sosok ini pula yang disebut-sebut kuasa hukum Habib Bahar sebagai pengawal saat kebebasan penceramah berusia 36 tahun itu dari penjara.

Baca Juga: Wapres heran Khofifah izinkan salat Idul Fitri di masjid: Harusnya dia patuh

Habib Bahar bin Smith. Foto: Ist.
Habib Bahar bin Smith. Foto: Ist.

Jika menggambarkan sosoknya, sekujur tubuh panglima itu bertato, hingga menghiasi bagian wajah. Alhasil kesan angker sangat kentara jika menatap sosoknya. Lantas siapa dia?

Disitat beritakaltim, Senin 18 Mei 2020, Panglima Kumbang memiliki nama Udin Balok. Sosoknya cukup dikenal masyarakat Dayak, baik di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Sementara dalam sejumlah literasi yang dihimpun redaksi, konon Panglima Kumbang merupakan sosok yang memiliki pamor hebat yang membuatnya dihormati masyarakat Dayak. Atas hal itu, dia disegani di tanah Kalimantan.

Ada yang menyebut kemampuannya 11-12 dengan Panglima Burung. Bukan soal nama besar, tetapi juga kekuatannya yang membahana, jauh di atas rata-rata manusia normal.

Sosok disegani

Panglima Kumbang selama ini memang dikenal sebagai sosok yang cukup disegani di suku Dayak. Bahkan, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri pernah merangkulnya saat bertemu di ruang VIP Bandara Juwata, Tarakan, Kaltim, pada 2010 silam.

Dia juga kenal dengan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea. Hotman Paris bahkan pernah mengunggah video saat dia bersama Panglima Kumbang yang juga sahabat musisi Ahmad Dhani.

Panglima Kumbang (kiri) bersama Hotman Paris. Foto: Youtube.
Panglima Kumbang (kiri) bersama Hotman Paris. Foto: Youtube.

Beberapa orang menganggap sosok Panglima Burung dan dia adalah sama. Tapi, ada banyak juga yang percaya kalau kedua sosok ini berbeda. Bahkan sangat berbeda.

Banyak yang percaya Panglima Kumbang memiliki karakter pendamai. Oleh karena itu, sosok ini juga dianggap sebagai figur pelindung. Hal ini bisa terlihat dari sosok Udin Balok. Pria satu ini sudah lama dikenal sebagai sosok tersebut.

Udin Balok dalam sejumlah literasi disebut-sebut pernah melakukan aksi damai ketika suku Dayak dilecehkan. Bukan mandau yang berbicara, tetapi sosok satu ini lebih memilih bicara dulu.

Dia juga disebut-sebut memiliki kekebalan baik senjata tajam dan senjata api.

Udin Balok belakangan menjadi salah satu orang yang menjemput Habib Bahar. Dia turut masuk ke dalam mobil bersama Habib Bahar usai keluar dari penjara.

Panglima Kumbang (kiri). Foto: Ist.
Panglima Kumbang (kiri). Foto: Ist.

“Alhamdulilah telah keluar dan insya Allah bisa kembali berdakwah dan berjuang di jalan Allah Subhanahu wa ta’ala. Ini kita bersama bang Aziz (pengacara) yang mengawal ini juga ada Panglima Kumbang. Maka saya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh umat Islam yang telah mendoakan dan mendukung” ujar Habib Bahar sesuai bebas.

Topik

2 Komentar

  1. Panglima kumbang???? 🤣🤣🤣
    Orang Dayak juga bukan, lalu panglima pula??
    Udddiiiinnnnn…udiiinnnn…. 🤣🤣🤣🤣

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close