Trending

Syukurlah, semua WNI yang dievakuasi dari Wuhan sehat dan bebas virus corona

Hops.id – Penyebaran virus corona yang semakin masif membuat pemerintah China memberlakukan penutupan atau lockdown di Wuhan. Lockdown atas kota asal penyebaran virus corona itu mulai berlaku sejak 23 Januari 2020. Tidak diperkenankan untuk masuk atau keluar dari kota. Tak ayal, ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) terjebak di sana. Muncul tuntutan agar WNI dievakuasi dari Wuhan. Bersyukur, pemerintah RI berhasil melakukan hal tersebut..

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyampaikan kalau pesawat yang membawa ratusan WNI dari Wuhan, China telah mendarat dengan selamat di Batam. “Alhamdulillah, pesawat penjemput WNI dari Wuhan sudah tiba di Batam,” kata Retno Marsudi, melalui sebuah unggahan di akun Twitter resmi.

Hanya saja, evakuasi WNI dari Wuhan sedikit di luar rencana. Jumlah WNI yang berhasil dievakuasi lebih sedikit dari target. Berdasarkan data, ada 245 WNI yang tinggal di sana. Namun, hanya 238 WNI dievakuasi dari Wuhan. Menurut klaim Kementerian Luar Negeri, tujuh orang tidak bisa ikut serta. Di mana empat orang menolak ikut karena alasan pribadi sedangkan tiga lainnya batal ikut karena dinilai tidak layak terbang.

Baca juga: Netizen penghina Tri Rismaharini ditangkap, ini fakta-faktanya

Para WNI dari Wuhan yang mendarat di Tanah Air. Foto: Kemlu.go.id

Kondisi WNI yang dievakuasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyampaikan bahwa tim penjemput sudah dalam perjalanan menuju Provinsi Hubei, China. Hal itu disampaikan melalui akun Twitter resmi @jokowi.

Jokowi memastikan  seluruh WNI akan melalui pemeriksaan kesehatan untuk memastikan mereka bebas terbebas dan tidak terjangkit virus corona yang telah dijadikan sebagai darurat global. “Misi penjemputan ini adalah misi yang sangat mulia, yang akan dijalankan dengan penuh kedisiplinan,” kata Jokowi.

Kondisi ke-238 WNI yang berhasil dievakuasi dari Hubei disampaikan oleh  Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman melalui keterangan resmi, seperti dikutip Minggu, 2 Februari 2020. “Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat,” kata Fadjroel. Sebelumnya mereka telah menjalani serangkaian prosedur dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikutip dari Antara, Fadjroel memastikan pemerintah menjalankan semua proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi itu berdasarkan Inpres Nomor 4/2019 dibawah koordinasi dua Menteri Koordinator, Menkopolhukam dan Menko PMK.

Fadjroel menjelaskan, segera setelah tiba di tanah air, sesuai pernyataan Menlu, Menkes, Panglima TNI, maka para WNI tersebut menjalani transit observasi di pangkalan militer TNI di Natuna. Di sana terdapat fasilitas lengkap rumah sakit yang dikelola tim dokter dari tiga matra (AD, AU, AL).

Semoga Indonesia tetap aman dari ancaman virus corona ya, stay healthy!

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close