Trending

Nadiem didukung PDIP, analisa kena reshuffle berubah kinerjanya baik

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebelumnya digadang menjadi menteri yang terkena reshuffle oleh pemerintah. Namun belakangan peta politik berubah, Nadiem langsung mendekat ke PDIP, terbaru bahkan Nadiem posting bersama Megawati Soekarnoputri.

Langkah inilah yang kemudian menyiratkan adanya dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tak lama munculnya Nadiem bersama dengan Megawati, giliran Anggota Komisi X Fraksi PDIP Andreas Hugo Pereira angkat bicara.

Menurutnya ada pihak yang sengaja melemparkan kritik terkait berbagai kebijakan yang diambil oleh Kemendikbud. Hingga pangkalnya saat ini dikaitkan dengan isu reshuffle yang akan dilakukan pemerintah.

Kritik tersebut bahkan disebut bertujuan untuk melengserkan Nadiem dan jabatannya sebagai Mendikbud. Orang yang membuat kritikan itulah yang diketahui mengincar posisi Nadiem sebagia Menteri saat ini.

Nadim Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim Foto: Antara

“Saya juga duga seprti itu,” kata Andreas kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Kinerja Nadiem di mata DPR fraksi PDIP

Menurut Andreas, isu terkait kinerja yang banyak muncul belakangan ini merupakan salah satu strategi yang dijalankan orang yang tengah mengincar kursi Nadiem. Sedangkan menurut Komisi X sendiri, penilaian Nadiem hinga kini terbilang masih sangat bagus.

“Selama dua tahun bermitra, Nadiem sebagai menteri menterjemahkan pembangunan SDM yang merupakan program pemerintahan Jokowi dengan Merdeka Belajar yang sedang on going, peningkatan status guru-guru honor menjadi PPK dan sekarang sedang dipersiapkan revisi UU Sisdiknas. Selama pandemi ini Nadiem pun responsif dan fleksibel dalam menjalankan program-program pendidikan,” kata Andreas.

Nadiem Megawati
Nadiem makarem bersama Megawati Foto: Net

Peluang Nadiem dari Reshuffle Jokowi

Meski diprediksi berpeluang besar kena reshuffle, namun peluang tersebut masih bisa saja berubah, dimana Presiden Jokowi masih bisa mengamankan Nadiem dari Kemendikbud yang bakal berubah menjadi Kemendibud-Ristek.

Peluang ini masih cukup besar, karena reshuffle sendiri jika dilihat menjadi hak penuh ada pada presiden, sehingga semua keputusan masih bisa berubah tergantung dari keinginan presiden terhadap para menteri pembantunya.

“Karena reshuffle merupakan hak prerogatif presiden,” katanya.

“Kalau objektif, Nadiem akan kena reshuffle. Dan Jokowi mestinya menilai menteri dengan objektif. Bukan politis,” demikian Ujang Komarudin.

Foto sakti bareng Megawati diprediksi begini

Meski Nadiem memiliki foto sakti bersama Megawati, sayangnya hal tersebut dinilai tidak akan memengaruhi posisinya yang kuat diperkirakan masuk dalam daftar menteri yang akan terkena reshuffle oleh Presiden Jokowi.

Bahkan bos Gojek ini, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, pertemuan tersebut bisa diartikan sebagai upaya Mendikbud Nadiem sebagai upaya mencari aman agar bebas dari reshuffle kabinet yang akan dilakukan Jokowi.

Mendikbud Nadiem Makariem. Foto: IG Nadim
Mendikbud Nadiem Makariem. Foto: IG Nadim

“Posisinya rawan di-reshuffle. Mungkin sedang minta dan cari dukungan ke PDIP dengan seolah-olah membahas program merdeka belajar dan soal Pancasila,” ujarnya seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Rabu 21 April 2021.

Posisi Nadiem secara jelas tengah menunjukkan kekhawatiran atas rencana tersebut, bahkan menemui Megawati sebagai upaya mencari perlindungan agar tidak di reshuffle. Namun Ujang menilai, jika langkah tersebut akan sia-sia, sebab Nadiem sendiri lebih banyak membuat kontroversi dibanding prestasinya di Kemendibud.

 “Layak tuk direshuffle. Dan rakyat pun banyak yang minta dia untuk di-reshuffle,” kata Ujang Komarudin.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close