Trending

Akhirnya nasib pedagang dan PKL boleh buka dan makan di tempat cuma 30 menit aja

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM Darurat sampai 25 Juli 2021. Tapi perpanjangan PPKM Darurat ini dengan pelonggaran, PKL pedagang asongan dan usaha kecil lainnya diperbolehkan buka dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Negara menegaskan perpanjangan PPKM Darurat dengan pelonggaran ini diharapkan bisa menekan angka kasus Covid-19 dan juga mengurangi beban rumah sakit dalam merawat pasien Covid-19.

PPKM Darurat sampai 25 Juli, pedagang PKL boleh buka

Pedagang di pasar yang menjual sembako. Pemerintah berenana mengenakan pajak untuk sembako. Foto: Ist
Pedagang di pasar yang menjual sembako. Pemerintah berenana mengenakan pajak untuk sembako. Foto: Ist

Presiden Jokowi mengumumkan PPKM Darurat diperpanjang sampai 25 Juli, artinya PPKM Darurat ditambah sepekan ke depan.

“Kalau nantinya tren kasus alami penurunan, maka 26 Juli 2021 pemerintah akan lakukan pembukaan bertahap,” jelas Jokowi dalam siaran videonya dikutip Selasa 20 Juli 2021.

Namun pedagang dan usaha kecil serta pasar tradisional dibolehkan buka sampai pukul 21.00 dengan ketentuan menjalankan prokes ketat dan kapasitas pengunjung 50 persen maksimal. Untuk pedagang yang menjual makanan pengunjung diberi maksimal waktu 30 menit.

“Pasar tradisional yang menjual bahan pokok sehari-hari dipersilakan buka lagi dengan kapasitas 50 persen, selain itu pasar yang jual bahan pokok diizinkan buka sampai pukul 17.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan penerapan prokes yang diatur Pemda,” katanya.

Nah selain pelonggaran untuk usaha kecil, Jokowi mengatakan untuk teknis aturan pedagang dan usaha kecil buka usaha ini diserahkan oleh pemerintah daerah. Pemerintah pusat cuma atur perpanjangan PPKM Darurat, detail aturan di lapangan Pemda yang atur teknisnya.

Sedangkan sektor lain yang esensial dan kritikal swasta akan diatur kemudian terkait PPKM Darurat selanjutnya.

Perpanjangan PPKM Darurat ini lebih longgar, sebab sebelumnya pedagang warung tak diperbolehkan melayani makan ditempat. Kini boleh makan ditempat dengan maksimal kunjungan setengah jam saja.

Presiden Jokowi mengatakan di awal pengumuman perpanjangan PPKM Darurat, kebijakan pembatasan mobilitas ini memang niscaya dan tak bisa dihindari.

“PPKM Darurat merupakan kebijakan yang tak dihindari, sangat berat tapi ini dalam rangka turunkan kasus Covid-19 dan supaya rumah sakit tak lumpuh dan tak terganggu terancam,” kata Jokowi.

Sesuai usul Ganjar

PKL pasang bendera putih
PKL pasang bendera putih. Foto Facebook Seputar Cikapundung.

Perpanjangan PPKM Darurat dengan pelonggaran sesuai dengan aspirasi yang disampaikan Ganjar Pranowo. Sebelumnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo nggak tega dengan kesusahan masyarakat jika PPKM Darurat diperpanjang dengan ketentuan pedagang dibatasi berjualan dan pekerja harian dibatasi pula.

Menurutnya, taruhlah PPKM Darurat diperpanjang, Ganjar usul agar aturannya diperlonggar, pegang boleh tetap jualan namun dengan kewajiban menjaga jarak dan tegakkan prokes secara ketat.

Gubernur Ganjar ngaku merasakan berat juga beban masyarakat dengan pola aturan PPKM Darurat yang membatasi pedagang berjualan dan pekerja harian.

Untuk itu, Ganjar berpandangan dalam kondisi sulit seperti ini, pantasnya pola PPKM Darurat dievaluasi. Walau nanti skemanya PPKM Darurat diperpanjang atau diperketat, tapi pedagang boleh lah berjualan dengan ketentuan menjaga prokes secara ketat.

“Boleh saja warung melayani makan di tempat, asal taat prokes. Kalau melanggar dikasih peringatan, ngeyel ya ditutup. Tapi makannya bisa diatur, itu menurut saya lebih soft,” katanya.

Politikus PDIP ini menjelaskan polanya pedagang yang berjualan di trotoar ya biarkan saja, wong biasanya juga begitu. Tapi karena kondisi PPKM, maka di lokasi berjualan itu diberi tanda jarak sosial supaya pelanggan juga mematuhi ketentuan itu.

“Jadi itu sebenarnya cara-cara yang bisa dilakukan kalau mau diperpanjang. Karena jeritan masyarakat itu berat,” ujarnya.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mengatakan dengan perpanjangan PPKM Darurat ini untuk 5 hari ke depan dia yakin akan memberikan langkah yang lebih baik untuk menekan angka kasus Covid-19.

“Insya Allah akan datang tak temukan lagi kata darurat, ketat atau upaya kerja dilakukan pemerintah terus pembatasan mobilitas kegiatan masyarakat untuk putus mata rantai varian baru,” kata Ali Ngabalin di tvOne.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close