Hot

Pedangdut legendaris Ellya Khadam jadi sampul beranda Google, ini profilnya

Laman Google Doodle pada hari ini, Sabtu 23 Oktober 2021 memuat gambar ilustrasi penyanyi Ellya Khadam. Gambar ilustrasi yang dibuat oleh ilustrator Fatchurofi Muhammad asal Semarang itu dimuat sebagai penghormatan untuk hari lahir mendiang Ellya Khadam, 23 Oktober.

Namun siapa Ellya Khadam? Berikut ini profil penyanyi dangdut legendaris asal Indonesia yang populer di tahun 1950an.

Ellya Khadam memeiliki nama lengkap Siti Alya Husnah, ia lahir di Batavia (sekarang Jakarta) pada 23 Oktober 1928 silam. Selain Ellya, dia juga dikenal dengan nama Ellya Agus atau Ellya M. Haris.

Ellya menjalani masa kecil di Kampung Kawikawi, Manggarai, Jakarta Selatan. Pada usia muda, dia menikah hingga dikaruniai 2 orang anak.

Pernikahan pertamanya tidak berjalan mulus hingga akhirnya kandas, lalu dirinya menikah lagi dengan pria lain. Dilansir JPNN, saat remaja, Ellya mulai belajar menyanyi secara otodidak setelah melihat seorang tetangga yang merupakan penyanyi pop Malaysia.

Ellya Khadam foto: Google
Ellya Khadam foto: Google

Dia mengembangkan jenis musik tersebut lalu bergabung dengan grup musik lokal. Nama Ellya mulai dikenal setelah jadi penyanyi Orkes Melayu Kelana Ria pada1950-an.

Orkes pimpinan Adi Karso dan Munif Bahasuan itu mampu melahirkan sejumlah penulis lagu Melayu pada 1960-an yang kemudian berkembang menjadi tonggak awal genre musik dangdut.

Ellya terkenal sebagai penulis lagu Boneka Dari India, Djandji, dan Pergi Tanpa Pesan yang sangat populer sejak akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an.

Salah satu lagu yang booming dinyanyikan berjudul Boneka Dari India. Lagu tersebut kelak menjadi lagu dengan standar musik dangdut Indonesia. Tidak hanya itu, dia juga terkenal dalam memopulerkan lagu Beban Asmara ciptaaan Munif B dan lagu Ogah Ah!.

Ellya Khadam foto: Istimewa
Ellya Khadam foto: Istimewa

Karier di dunia film

Tak cuma bernyanyi, Ellya juga terkenal sebagai pemain film. Pada 1970-an, dia disibukkan bermain dalam berbagai film, khususnya film bertema musik.

Sejumlah film yang pernah dibintanginya antara lain, Tjita-Tjita Ajah, Ratu-Ratu Rumah Tangga, Mak Tjomblang, Matahari Pagi, Bing Slamet Setan Djalanan, Benyamin Biang Kerok, Biang Kerok Beruntung, Bajingan Tengik, Benyamin Raja Lenong, Gudang Uang, dan sebagainya.

Pada masa tersebut, Ellya juga mendirikan grup musik Orkes Melayu El Sitara untuk mendukungnya saat proses rekaman.

Meski namanya sempat tenggelam pada 1980-an, dia masih terus berkarier hingga beberapa bulan menjelang meninggal.

Ellya Khadam meninggal dunia pada 2 November 2009 pukul 20.00 di Bogor karena penyakit diabetes yang diderita. Hari ini, jika masih hidup seharusnya Ellya Khadam memperingati ulang tahun ke-93.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close