Fit

Terjangkit covid-19, pelawak ini meninggal setelah 3 hari bikin lelucon soal corona

Tak terasa pandemi covid-19 sudah berlangsung hingga hampir 1 tahun lamanya. Meski telah banyak korban berjatuhan namun ada saja orang yang masih belum percaya bahwa covid benar-benar nyata.

Seorang komedian asal Los Angeles Amerika Serikat bernama Joe Luna, berupaya meyakinkan orang-orang akan bahaya nyata covid-19. Bahkan di detik-detik sebelum kematiannya, Luna masih sempat merekam dirinya bertahan dan bilang bahwa corona bukan lelucon.

Komedian dengan nama panggung Joe El Cholo ini meninggal setelah syuting video pengalamannya dengan COVID dari ranjang rumah sakit: ‘This Is No Joke’, tulisnya lewat judul vlognya.

Sebelumnya, Luna sempat juga berekperimen dengan covid-19 dan membuat beberapa lelucon satir di beberapa vlognya, hingga akhirnya dirinya terjangkit covid-19.

Lebih lanjut, Luna mulai merekam aktivitasnya selama dirinya dikarantina di rumaha sakit. Awalnya ia sangat yakin bisa sembuh. Namun apa daya, ternyata Luna merupakan pasien yang berisiko komplikasi karena memiliki riwayat diabetes.

Kisahnya makin dramatis ketika dokter mengatakan dirinya harus diamputasi akibat diabetes yang dideritanya.

“Saya diamputasi ganda dan saya penderita diabetes, jadi saya berurusan dengan banyak hal,” kata Joe Luna dalam sebuah videodilansir laman People.

View this post on Instagram

A post shared by JOE LUNA (@joeelcholo)

Di media sosialnya untuk menunjukkan realitas penyakit yang menghancurkan itu, Luna memngupdate kondisinya. Beberapa kali ia melontarkan jokes satir terkait covid. Bukannya tertawa, warganet yang mengikuti videonya malah ramai-ramai banjir air mata.

Dalam salah satu postingannya, pria berusia 38 tahun itu pertama kali berbicara tentang diagnosis corona dalam sebuah posting 21 November. Ia menulis judul, “Wow, ini bukan lelucon dan terutama jika Anda penderita diabetes, kamu bakal bertubi-tubi alami kondisi buruh,” tulisnya.

Dalam video berdurasi 35 menit yang diposting pada 21 November, Luna mengatakan dia telah berurusan dengan berbagai gejala mengerikan, yang meliputi nyeri dada, sakit perut, gemetar tak terkendali, dan hilangnya indra perasa.

Dia juga mengatakan anak-anaknya dan pacarnya juga jatuh sakit karena virus corona, meski gejala mereka tidak separah itu.

“Izinkan saya memberi tahu Anda, Bung, ketika saya mendengar orang-orang berbicara tentang apa yang telah dilakukan COVID kepada mereka, saya selalu berpikir dalam hati, Anda tahu, saya ragu apakah seburuk itu,” katanya dalam klip itu.

“Aku akan memberi tahu kalian sekarang, aku merasakannya dan aku telah berjuang untuk hidupku.”

Lebih lanjut Luna mengatakan dirinya tidak hanya dinyatakan positif COVID, saya menderita pneumonia.

Kondisi Luna memburuk setelah potingan itu, ia masuk ruang gawat darurat setelah berpose di atas ranjang rumah sakit.

“Ini mengerikan, teman-teman, pneumonia saya semakin parah. Segalanya baru saja menurun,” ujarnya sambil menggunakan alat pernapasan.

Hingga akhirnya Luna meninggal pada 23 November, hanya beberapa hari setelah dia mulai membagikan kabar terbaru tentang kondisinya di Instagram.

Luna Pelawak yang meninggal karena covid-19
Luna Pelawak yang meninggal karena covid-19 foto: People

Sebelumnya sebuah kampanye GoFundMe telah dibentuk untuk mengumpulkan dana untuk biaya pemakaman Luna. Kampanye tersebut cukup viral di media sosial.

Sebelum kematiannya, komika tersebut tampil di klub-klub lokal seperti The Ice House dan The Improv Theatre, menurut FOX 11 LA .

Putra Luna, Jose Talavera, mengatakan dia tidak ingin ada yang menangis di pemakaman sang ayah. Jadi ia dan keluarga akan mengadakan pertunjukan.

“Karena itulah impian ayah, dia ingin orang-orang tertawa dan bersenang-senang.”

Menurut database New York Times, hingga Rabu 2 Desember 2020 ada lebih dari 13.935.500 kasus COVID-19 dan 272.600 kematian akibat penyakit terkait virus corona di Amerika Serikat.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close