Lifestyle

Pembakar mobil Via Vallen ternyata bawa jenglot, buat guna-guna?

Mobil Toyota Alphard milik Via Vallen dibakar oleh pria yang mengaku sebagai fans. Enggak cuma bertingkah aneh dan bicara melantur saat diamankan, Pije, si pelaku juga kedapatan membawa benda-benda perdukunan seperti jenglot dan bambu kuning.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Sumardji mengatakan benda-benda mistis itu ditemukan di dalam tas Pije. “Ada jenglot, intinya kayak perdukunan gitu lah. Termasuk ada bambu kuning yang di potong sekian centimeter,” katanya, dikutip dari Suara.com, Rabu, 1 Juli 2020.

Baca juga: Resep kue jadul pakai rumus matematika, netizen: Chef Juna nangis

Bukan untuk guna-guna

Menurut pengakuan Pije, benda mistis yang dibawanya bukan untuk mengguna-guna Via Vallen. Lelaki 42 tahun itu mengklaim membuat sendiri jenglot yang dibawanya. Sedangkan bambu kuning untuk dijual.

Mobil Via Vallen dibakar
Mobil Via Vallen dibakar. Foto Insta Story Via Vallen

“Jenglotnya bikinan sendiri. Kalau bambunya mungkin ada yang minat akan saya jual,” katanya. Kedatangannya ke Sidoarjo dari Cikarang semata-mata demi menemui idolanya. Dia mengaku tidak memiliki dendam ke pedangdut tersebut.

“Hanya pengin ketemu (Via Vallen). Gak ada dendam, gak ada apa-apa,” ungkapnya.

Jenglot secara medis

Banyak cerita seputar jenglot yang ditemukan di beberapa wilayah seperti Jawa, Kalimantan dan Bali. Benda itu berukuran sekitar 10-17 cm dengan kulit gelap dan kasar serupa mumi. Benda itu juga memiliki taring, rambut dan kuku yang konon terus tumbuh.

Ilustrasi jenglot. Foto: Suara.com

Beberapa meyakini benda humanoid itu punya kekuatan mistis dan bisa mengundang bencana. Dikutip dari wikipedia, secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik RSCM Jakarta.

Melalui rontgen, enggak ditemukan unsur tulang sebagai organ penyangga makhluk hidup. Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, lapisan kulitnya memiliki DNA mirip primata sejenis manusia.

Sayangnya, penyelidikan asal usul jenglot secara medis enggak berlanjut karena pemilik tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.

Kembali ke Pije, sebagai fans seharusnya dia bisa mendukung idolanya. Bukan malah melakukan tindakan merusak yang merugikan dirinya sendiri dan idolanya. Jangan ditiru, ya…

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close