Trending

Pemuda Pancasila kedapatan bawa sajam saat demo di DPR: Pisau, badik hingga peluru

Polisi mengamankan 21 orang anggota organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila atau sering disebut PP, pada demo yang berujung ricuh di depan gedung DPR, Kamis 25 November 2021. Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita barang bukti sejumlah senjata tajam yang dibawa oleh anggota PP.

Diketahui, polisi menyita sejumlah senjata tajam antara lain pisau, sangkur, badik, dan lainnya. Selain itu, juga disita dua butir peluru revolver kaliber 38mm.

Muslima Fest

“Barbuk di depan ini terdiri dari berbagai macam. Salah satunya adalah membawa dua butir peluru yang diduga kaliber 38 punyanya revolver,” kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya.

Tubagus juga mengatakan senjata-senjata tersebut dibawa langsung dari rumah oleh para pendemo yang diamankan.

“Senjata-senjata ini dibawa dari rumah, dia tahu mau demo, dia bekali senjata ini,” lanjut Tubagus.

Senjata tajam yang dibawa oleh anggota Pemuda Pancasila pada demo hari ini, Kamis (25/11) telah disita polisi. Foto: Suara
Senjata tajam yang dibawa oleh anggota Pemuda Pancasila pada demo hari ini, Kamis (25/11) telah disita polisi. Foto: Suara

Terkait dua butir peluru yang turut disita, polisi masih mendalami terkait kepemilikannya. Karena besar kemungkinan adanya senjata api dari barang bukti peluru tersebut.

“Pengembanganya, dari mana dia memperoleh dan untuk apa digunakan. Bisa sangat mungkin bahwa ada senjatanya, bisa sangat mungkin,” ujar dia.

Polisi juga mengatakan pihaknya masih mendalami perihal kepemilikan senjata tajam yang didapati. Selain itu, juga turut ditelusuri apakah ada perintah untuk membawa senjata tajam saat demo hari ini.

“Kami akan kembangkan, karena baru saja para tersangka ini diamankan beberapa waktu lalu. Kita perlu pengujian ke atas apakah ini diperintahkan untuk membawa senjata tajam atau memang inisiatif dari masing-masing perseorangan,” ucap Tubagus lagi.

Pemuda Pancasila demo di depan gedung DPR RI. Foto: Antara
Pemuda Pancasila demo di depan gedung DPR RI. Foto: Antara

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengamankan 21 anggota ormas PP dalam aksi demo yang digelar di depan gedung DPR RI hari ini, Kamis (25/11).

Salah satunya, adalah anggota PP yang melakukan pemukulan terhadap Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali. Dari 21 peserta demo yang diamankan, 15 orang di antaranya ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya ormas Pemuda Pancasila menggelar aksi unjuk rasa depan gedung DPR RI sebagai bentuk protes pernyataan Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang terkait pembubaran ormas Pemuda Pancasila.

Namun demo tersebut berujung ricuh. Junimart Girsang sendiri sudah meminta maaf terkait pernyataannya tersebut.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close