Hobi

Honda PCX 160 gagal meluncur, simak alasan pentingnya

Pupus sudah harapan dan prediksi konsumen tanah air yang tengah menantikan generasi terbaru Honda PCX 160 gagal meluncur. Padahal pasar skuter matik di tanah air memiliki kontribusi penjualan yang sangat tinggi bagi produsen yang memiliki model skutik.

Bahkan menurut Thomas Wijaya Director Marketing PT Astra Honda Motor, mengakui jika kontribusi skuter matik di Indonesia saat ini mencapai 90 persen. Sayangnya momentum tersebut tidak dimanfaatkan Honda untuk meluncurkan PCX 160 yang telah dinanti.

Gembar-gembor kemunculan PCX 160 memang telah santer diberitakan banyak media tak terkecuali Hops, karena di Thailand sendiri skuter matik ini telah meluncur dan menjadi model penyegar dari model skuter matik yang ada di negara tersebut.

Honda PCX 160
Honda PCX 160 Foto: Honda Japan

Peluang Indonesia sendiri tak menutup kemungkinan mengikuti jejak Honda Thailand meski lebih dulu meluncurkan skuter matik badan bongsor dnegan kapasitas mesin yang jauh lebih besar dibanding model yang dipasarkan di Indonesia dengan kubikasi hanya 150 Cc. Lantas apa alasan Honda batal meluncurkan PCX 160, berikut penjelasannya.

Honda gagal luncurkan PCX 160

Spekulasi peluncuran produk baru tanpa informasi detil merupakan salah satu ujung pangkal munculnya banyak spekulasi terkait produk Honda yang akan diluncurkan di tanah air. Santernya Honda PCX 160 akan diluncurkan, menjadi focus dari spekulasi atas minimnya informasi produk yang diluncurkan.

Namun menurut Thomas, pilihan meluncurkan all new Honda CBR150R lebih memperhitungkan keinginan konsumen yang membutuhkan motor individu. Karena Honda PCX merupakan skuter matik yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bersama keluarga.

Honda PCX 160
Honda PCX 160 tertutup kamuflase saat test ride Foto: Mocyc.com

“Kita mengikuti keinginan konsumen yang membutuhkan motor individu dengan kriteria konsumen yang telah memiliki motor untuk keluarga, namun membutuhkan motor untuk pribadi dan itu kita hadirkan melalui all new Honda CBR150R.” katanya.

Sehingga Honda CBR150R menjadi model pembuka bagi Honda untuk memenuhi model yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Terkait skuter matik PCX 160, Honda mengungkap rencana peluncurannya justru menjelaskan jika masih fokus pada mesin 150 Cc.

“Kita masih belum ada rencana, dan masih fokus pada mesin 150 cc,” pungkas Thomas.  

Honda PCX 160
Honda PCX 160 Foto: Honda Japan

Honda PCX 160

Honda PCX 160 sesuai dengan angka yang tersemat pada nama dagangnya, yang menunjukkan kapasitas mesin yang lebih besar dari versi sebelumnya. Motor ini dibekali dengan mesin berkubikasi 157 Cc.

Dari mesin tersebut tenaga sepeda motor yang mampu diletupkan mencapai 15,8 Hp pada 8.500 rpm serta torsi 15 Nm pada 6.500 rpm. Jika dibandingkan dengan tenaga mesin dari generasi sebelumnya, terdapat perbedaan 1,4 hp.

Dipastikan generasi terbaru PCX 160 akan memberikan sensasi berkendara yang lebih gahar dari kenaikan tenaga mesin yang dimilikinya. Keunggulan lainnya yakni jumlah klep yang mencapai empat dari dua klep generasi sebelumnya.

Perubahan di sektor mesin menghasilkan rasio kompresi menjadi 60.0 x 55.5 mm pada 12:1, diklaim rasio ini menjadi yang terbesar dari mesin sekelas yang dimiliki Honda.

Teknologi terbaru yang ada pada Honda PCX 160 yakni Honda selectable torque control juga mendapat perhatian saat pengujian. Fitur ini mampu bekerja dengan baik saat motor melewati jalan pasir maupun tanah sehingga, pengaturan torsi otomatis membuat ban tidak berputar cepat namun menyesuaikan.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close