Trending

Pengangkat jenazah Jenderal G30S PKI di lubang buaya meninggal dunia

Seorang anggota Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL) Serma (purn) H Samuri meninggal dunia Senin 26 Juli 2021 pukul 06.15. Serma Samuri merupakan anggota yang dikenal memiliki sejarah pengangkatan jenazah para Jenderal korban G30S PKI.

Dintara tujuh prajurit yang ditugaskan mengangkat para jenazah ketika gerakan G30S PKI terbongkar, menjadi tugas yang pernah diemban Serma Samuri. Satuan KKO menjadi petugas yang masuk ke dalam lubang yang digunakan untuk mengubur para Jenderal saat itu.

Di filmkan, para petugas yang masuk ke dalam lubang tempat penguburan para jenderal dalam gerakan G30S PKI masuk dengan dilengkapi oksigen layaknya prajurit yang akan menyelam. Kedalam lubang dan kondisi jenazah yang sudah beberapa hari membuat petugas dilengkapi oksigen.

Pemakaman Serma KKO (Purn) H Samuri
Pemakaman Serma KKO (Purn) H Samuri Foto: Dispen Marinir

Pengangkat jenazah Jenderal G30S PKI Serma Samuri

Serma KKO Samuri diketahui menghembuskan napas terakhirnya pada usia 82 tahun saat sedang di rumahnya Surabaya, Jawa Timur. Sebelum meninggal pria ini tengah mengalami penyakit stroke dan diabetes.

Kepergian Samuri sendiri menjadi duka bagi Korps Marinir yang kehilangan sosok prajurit yang memiliki sejarah atas perjalanan Indonesia.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengatakan amat berduka atas berpulangnya putera terbaik bangsa tersebut.

Serma KKO Samuri saat bertugas
Serma KKO Samuri saat bertugas angkat Jenazah jenderal G30S PKI Foto: Dispen Marinir

 “Beliau adalah prajurit pejuang yang berdedikasi dan loyalitas tinggi yang patut diteladani bagi para generasi penerus,” ungkap Suhartono dikutip dari keterangan pers Dispen Kormar, Senin (26/7).

Suhartono bersama pejabat Kormar sempat menjenguk Samuri beberapa waktu lalu. Saat itu Samuri sudah menderita stroke dan diabetes. Ia hanya terbaring di atas tempat tidur, namun masih bisa berkomunikasi secara verbal.

Samuri meninggalkan empat orang putri dan satu orang putra. Ia dimakamkan di TMP 10 Nopember Surabaya dengan upacara militer.

Pemakaman berlangsung pukul 15.00-16.00 WIB dengan menerapkan prokes ketat. Komandan Batalyon Marinir Howitzer 2 Marinir Mayor Marinir Kiagus Fauzan Azima, yang diwakili oleh Wakil Komandan Batalyon Howitzer 2 Marinir Mayor Marinir Arifin bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman itu.

Pemakaman Serma KKO Serma Samuri
Pemakaman Serma KKO Serma Samuri Foto: Dispen Marinir

Upacara pemakaman diawali dengan penghormatan senjata bersangkur dan tembakan salvo sebagai tanda hormat sekaligus penghargaan tertinggi untuk almarhum.

“Upacara tersebut dilaksanakan untuk menunjukkan kepedulian kepada sesepuh Korps Marinir, baik atasan maupun rekan kerja kepada setiap Keluarga Besar Korps Marinir TNI AL untuk selalu mempererat tali persaudaraan sebagai wujud penghargaan atas pengabdian serta dedikasi yang diberikan kepada negara dan Angkatan Laut khususnya Korps Marinir,” tulis keterangan pers yang dikeluarkan oleh Dispen Kormar itu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close