Hobi

Pengendara rentan terserang ini saat naik motor di bulan puasa

Ibadah puasa ramadan tentu tak boleh menghalangi umat muslim menjalankan aktifitas hariannya, terlebih bagi pengendara yang biasa menggunakan sepeda motor menuju kantor harus beradaptasi saat menjalankan puasa.

Berkendara saat menjalankan ibadah puasa, menurut instruktur safety riding Astra Honda Motor Johannes Lucky terdapat perbedaan dibanding hari biasanya. Dimana perbedaan itulah yang dinilai harus menjadi perhatian pengendara.

Berkendara menggunakan sepeda motor saat bulan puasa sendiri akan terasa berbeda dibanding hari biasanya. Tentu kondisi tersebut berpengaruh pada kondisi fisik tubuh serta konsentrasi dalam berkendara.

Sejumlah pengendara sepeda motor terjaring razia petugas di pusat Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (2/6/2020).
Sejumlah pengendara sepeda motor terjaring razia petugas di pusat Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (2/6/2020). Foto: Antara

Kondisi berkendara saat berpuasa berbeda

Banyak pengendara sepeda motor yang merasakan badan cepat lelah dengan konsentrasi berkendara kurang saat melakukan perjalanan pagi hari.

Dalam kondisi tersebut menurut Lucky banyak terjadi oleh para pengendara motor yang tengah menjalankan ibadah puasa, kondisi badan lemas dan konsentrasi berkurang akibat adanya perubahan siklus tubuh.

Dimana kondisi badan lemas disebabkan pengendara berpuasa tanpa asupan makanan selama satu hari penuh yang membuat kondisi badan lemas saat berkendara.

PSBB Depok
Kemacetan saat PSBB Depok di Jalan Raya Sawangan, Sabtu (16/5/2020). Foto: Antara

Selain itu, konsentrasi yang sedikit terganggu akibat lelah dan rasa kantuk dirasakan saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor .

Untuk menyiasati itu semyua, pengendara harus mengubah siklus kehidupan dari biasanya, dimana untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima ubah jam tidur lebih cepat dari biasanya.

Karena dengan tidur lebih cepat kondisi fisik akan lebih maksimal karena di pagi hari waktu istirahat terpotong oleh ibadah sahur.

pengendara
Pengendara sepeda motor Foto: antara

Manajemen perjalanan pengendara motor selama Ramadan

Selama menjalankan ibadah puasa perubahan biologis masyarakat terjadi mulai dari jam tidur yang  harus dilakukan lebih awal untuk mendapatkan kondisi fisik maksimal di pagi hari.

Selain itu perencanan manajemen perjalanan pun perlu di atur ulang, karena pada kondisi tertentu selama bulan Ramadan akan terdapat kepadatan lalu lintas yang memengaruhi waktu tempuh perjalanan lebih lama.

Kondisi kemacetan juga dinilai bisa membuat pengendara jauh lebih emosional akibat mengejar waktu tiba sampai di rumah untuk berbuka puasa

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close