Unik

Pengertian dan ciri-ciri komik yang jadi favorit banyak orang

Komik disukai oleh berbagai kalangan, enggak terbatas oleh umur. Kenali, yuk ciri-ciri komik.

Kamu penggemar cerita superhero dari Marvel dan DC? Atau penggemar Gundala yang merupakan karya dalam negeri. Nah, pasti tahu dong kalau semuanya itu berawal dari komik.

Komik termasuk bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak. Lalu gambar tersebut disusun sehingga membentuk jalinan cerita disertai teks. Nah, setelah itu biasanya dicetak di kertas. Mau tahu pengertian dan ciri-ciri komik? Yuk, simak.

Pengertian komik

Komik berasal dari bahasa yunani ‘komikos’, yang artinya bercanda atau bersukacita. Jadi jelas ya, tujuan dibuatnya komik untuk menghibur pembacanya. Menurut KBBI, komik adalah cerita bergambar yang bisa dalam bentuk majalah, surat kabar, dan atau berbentuk buku yang umumnya mudah dicerna dan lucu.

Menurut Rohani (1997) dalam buku Pengembangan Media Pembelajaran karya Cecep Kustandi, M.Pd. dan Dr. Daddy Darmawan M.Si. (2020:141), komik adalah cerita  yang dilukiskan dengan gambar dan berfungsi untuk menghibur pembaca.

Ilustrasi komik. Foto: Pexels
Ilustrasi komik. Foto: Pexels

Ciri-ciri Komik

Meski dibuat untuk tujuan menghibur, komik tidak bisa digarap dengan asal-asalan. Selain komedi, komik juga bisa memuat tema yang serius dengan tujuan menyampaikan informasi kepada pembaca. Tapi tetap dengan cara yang menarik.

Nah, ada sederet aspek yang harus dipenuhi dalam membuat komik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri komik.

Menyampaikan cerita

Seperti media informasi lainnya, komik juga bertujuan menyampaikan pesan dengan informasi. Hanya saja semua itu dikemas dalam bentuk teks dan gambar.

Proporsional

Perbandingan antara teks dan gambar harus seimbang alias proposional. Tujuannya agar pembaca dapat merasa terlibat dalam cerita.

Bahasa percakapan

Komik tidak menggunakan bahas njelimet yang sulit dipahami, melainkan bahasa percakapan sehari-hari. Tujuannya tentu saja agar mudah dipahami oleh semua kalangan, dari yang muda sampai dewasa.

Penggambaran watak sederhana

Kalau novel bisa menggambarkan watak karakternya dengan detail dan kompleks, tidak begitu dengan komik. Karakter yang ada di dalam komik biasanya berwatak sederhana. Hal ini agar pesan yang mau disampaikan bisa diterima dengan baik.

Mengandung humor

Kembali ke pengertian komik yang bertujuan untuk menghibur maka komik seharusnya mengandung humor. Biasanya humor yang dipilih yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dikutip dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1, Kelas 5 SD

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close