Hobi

Penjualan Honda moncer sepanjang Juni, Brio tak goyah pasca pandemi

Masa pandemi yang terjadi selama bulan Juni membuat penjualan mobil di Indonesia cukup melemah. Meski demikian, beberapa produsen masih tetap mencatatkan penjualan yang cukup baik sepanjang Juni 2020, seperti penjualan Honda yang cukup moncer menjual sebanyak 2.488 unit.

Raihan penjualan Honda yang cukup baik di Juni, berdasarkan catatan Honda dibanding Mei 2020 naik sebesar 93 persen. Peningkatan ini membuat gairah tersendiri bagi Honda yang masih mampu bertahan dengan kenaikan penjualannya di masa pasca pandemi.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini.

Honda HRV
Bocoran Honda HRV Foto: Antara

“Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit. Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia.” katanya.

Baca juga: Suzuki XL7 sudah ada bekasnya, harganya turun drastis

Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52% dari total penjualan seluruh model Honda. Selain itu, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit.

Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

Penjualan online efektif

Raihan penjualan mobil di bulan juni tak lepas dari pola pemasaran yang dilakukan selama pandemi berlangsung. Meski ada peraturan penutupan diler, namun pemasaran secara online yang dilakukan Honda dinilai cukup efektif untuk mencapai angka penjualan Honda di sepanjang bulan Juni.

Hingga bulan Juni lalu, tercatat lebih dari 50% dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

Tak cukup mengandalkan itu, berbagai layanan tersebut, meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui website resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.

Pameran otomotif
Ilustraasi pameran otomotif menampilkan jaajaran mobil Honda Foto: Ist

Target Gaikindo

Industri otomotif di awal 2020 telah terpukul dengan adanya bencana alam seperti banjir yang terjadi pada awal tahun. Kondisi tersebut diperpanjang dengan hadirnya virus covid-19 yang menerjang Indonesia.

Daya beli lemah hingga ekonomi nasional terganggu berdampak pada lesunya penjualan industri otomotif secara nasional. Jika sebelum 2020, Gaikindo berani menargetkan penjualan 1,1 juta unit.

Honda Brio
Honda Brio Foto: Honda

Dengan kondisi seperti ini, revisi target penjualan 600 ribu unit hingga akhir tahun membuktikan penurunan penjualan industri otomotif dan menjadi yang terkecil dibanding tahun sebelumnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close