Fit

Pentingnya kesehatan saluran cerna untuk bentengi anak dari Covid-19

Anak harus memiliki saluran cerna yang sehat sebagai upaya untuk menangkal paparan virus Covid-19. Selain itu, saluran cerna memiliki pengaruh besar terhadap imunitas tubuh. Terlebih untuk anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang.

Seperti yang kita tahu, imunitas tubuh yang baik berperan penting dalam menangkal virus. Tapi ada kondisi tertentu seperti  komorbid yang menjadikan seseorang lebih rentan tertular Covid-19. dr. Daeng M Faqih, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) bilang, komorbid pada anak ada kekhasan di Indonesia. “Pneumonia, demam berdarah kemudian yang berhubungan dengan gizi dan pencernaan, gangguan pencernaan dan diare jadi komorbid anak,” katanya dalam konferensi pers virtual Morinaga Chil*Go, kemarin.

dr. Daeng menambahkan, langkah 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) untuk anak yang berusia di bawah 10 tahun tergolong sulit karena kendala pemahaman. “Oleh karena itu, khusus untuk anak, selain 3M, menjaga daya tahan tubuh anak sangat penting, karena untuk anak disiplin terhadap 3M tidak semudah disarankan kepada orang dewasa.” 

Anak wajib punya daya tahan tubuh yang baik

Meski penerapan 3M pada anak tidak bisa maksimal, orangtua bisa menempuh cara lain untuk melindungi buah hati dari paparan Covid-19. Caranya adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Anak perlu asupan gizi yang baik. Foto: Unsplash
Anak perlu asupan gizi yang baik. Foto: Unsplash

“Harus memilih makanan yang baik dan sehat agar tidak gampang diare dan asupan gizi baik. Maka daya tahan tubuh anak akan baik untuk menghadapi Covid-19, tidak gampang tertular. Kalau tertular, daya tahan tubuhnya akan mampu melawan,” ungkap dr Daeng.

Di kesempatan yang sama, dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals mengingatkan kalau orangtua perlu lebih memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi. “Selain memberi makanan sehat dan seimbang, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Dan semua nutrisi ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat, agar bakteri baik yang ada di dalamnya bisa membentuk daya tahan tubuh yang lebih optimal.”

Morinaga Chil*Go! original yang lebih rendah gula
Morinaga Chil*Go! original yang lebih rendah gula

Pengaruh pencernaan pada daya tahan tubuh

dr. Muliaman memaparkan kalau pencernaan merupakan second brain. Di saluran cerna yang panjangnya 7 meter, terdapat banyak syaraf yang jumlahnya mencapai 10 ribu.

“Saluran cerna menentukan kesehatan anak. Pada saat anak makan, akan masuk ke saluran cerna sehingga kalau saluran cerna tidak baik maka penyerapannya tidak baik,” ungkap dr. Muliaman.

Asupan gizi yang baik tidak akan maksimal tanpa saluran cerna yang optimal. “Bukan gizinya kurang tapi daya penyerapan pencernaan yang kurang,” tambah dr. Daeng.

Agar pencernaan anak optimal

Dr. Daeng memaparkan kalau sebagian besar sel tubuh terbangun dari makronutrien, khususnya protein, lemak dan karbohidrat. Tapi makro gizi itu saja tidak cukup. “Mikronutrien yang terdiri dari mineral dan vitamin jumlahnya memang kecil tapi memengaruhi fungsi tubuh misal enzim, hormon. Itu penting untuk perkembangan. Demikian mineral untuk membentuk daya tahan tubuh semisal selenium, asam folat, zat besi.”

Zat gizi makro dan mikro harus masuk ke tubuh secara baik. Lalu untuk meningkatkan daya serap di dalam usus maka diperlukan zat lain seperti probiotik dan serat.

Muliaman memaparkan, salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi serat pangan inulin yang terkandung di sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. “Serat pangan inulin adalah salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori serta dapat menjadi pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan anak,” katanya.

Immunobooster bisa didapat melalui produk tambahan, seperti susu. Morinaga Chil*Go! Yang rendah gula dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak di tengah pandemi. “Morinaga Chil*Go! hadir dalam bentuk kemasan susu cair steril yang enak bernutrisi dengan perpaduan Serat Pangan Inulin, 9 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi,” papar Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals. Soal rasa, pasti disukai anak-anak dengan pilihan seperti Coklat, Vanila, Stroberi, dan Melon, serta terbaru yaitu rasa Original yang lebih rendah gula.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close