Hobi

Sudah online lagi, apa penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp down tadi malam?

Sekitar tujuh jam setelah Facebook, WhatsApp, dan Instagram down, layanan pada pagi ini, Selasa 5 Oktober 2021 mulai kembali online, meskipun cakupannya masih belum merata. Lantas, apa penyebab Facebook, Instagram hingga WhatsApp down tadi malam?

Seperti diketahui, pada Senin (4/10) malam, aplikasi Facebook, Instagram hingga WhatsApp mengalami down. Keluhan ini dilampiaskan warganet melalui media sosial lain seperti Twitter. Bahkan, soal pemadaman tiga aplikasi populer tersebut jadi trending topic.

Muslima Fest

Banyak dari warganet mulanya mengira bahwa mereka memiliki masalah dengan sinyal, sebelum akhirnya menyadari bahwa memang WhatsApp, Instagram dan Facebook sedang mengalami pemadaman. Hal tersebut bukan hanya dialami di Indonesia saja, melainkan seluruh dunia.

Aplikasi Instagram. Foto: The Indian Express
Aplikasi Instagram. Foto: The Indian Express

Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata akun resmi Facebook di Twitter.

Alasan pasti mengapa aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam grupnya Mark Zuckerberg itu down belum jelas hingga kini. Namun, beberapa pakar siber dengan cepat menunjuk masalah Domain Name System (DNS) sebagai kemungkinan penyebabnya.

Menukil CNN International, Divisi Analisis Internet Cisco ThousandEyes mengatakan bahwa dari hasil pengujian yang dilakukannya, menunjukkan bahwa penyebab down-nya Instagram, Facebook hingga WhatsApp terjadi karena kegagalan DNS yang sedang berlangsung. DNS menerjemahkan nama situs web menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer. Ini sering disebut ‘buku telepon internet’.

Ilustrasi aplikasi Facebook. Foto: Brett Jordan di Unsplash
Aplikasi Facebook. Foto: Brett Jordan di Unsplash

Kini sekitar pukul enam pagi waktu Indonesia barat, Facebook, Instagram dan WhatsApp sudah mulai bisa kembali digunakan. Dari pantauan Hops.ID, akses ke sejumlah fitur dan layanan aplikasi telah pulih kembali. Selain itu, pesan di WhatsApp yang tadi malam tertunda pengirimannya, kini sudah terkirim.

Kami kembali online! Terima kasih atas kesabaran Anda dan kami dengan tulus meminta maaf kepada semua orang yang terkena dampak pemadaman,” tulis Facebook.

Instagram perlahan tapi pasti kembali sekarang – terima kasih telah berurusan dengan kami dan maaf telah menunggu!” cuit akun resmi Instagram.

Gara-gara pemadaman ini, saham Facebook dikabarkan turun lebih dari 5 persen, menempatkannya pada hari perdagangan terburuk dalam hampir setahun.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close