Trending

PT INKA ungkap penyebab tabrakan LRT dan kronologinya, ternyata…

PT INKA mengungkapkan indikasi awal penyebab tabrakan LRT yang terjadi hari ini di antara Stasiun Harjamukti dan Stasiun Ciracas Cibubur, jalur LRT Jabodetabek. Indikasi awal tabrakan dua rangkaian LRT ini terjadi karena human error. PT INKA memastikan kondisi masinis tidak luka parah akibat tabrakan LRT tersebut.

Tindak lanjut dari tabrakan tersebut, PT INKA akan menunggu investigasi detail dari Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) untuk memastikan apa yang terjadi.

Muslima Fest

Penyebab LRT tabrakan

Direktur PT INKA menjelaskan informasi awal penyebab tabrakan dua rangkaian LRT di Cibubur.

“Indikasi awal, masinis pada saat langsir itu terlalu cepet, ini terindikasi ada human error saat langsir, kecepatannya melebihi. Indikasinya begitu, saat langsir mau masuk,” kata Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro dalam keterangan persnya dikutip Senin 25 Oktober 2021.

LRT Jabodebek tabrakan. Foto: Istimewa
LRT Jabodebek tabrakan. Foto: Istimewa

Budi mengatakan akibat kejadian ini rangkaian LRT rusak dan akan menunggu penyelidikan dari KNKT. Kalau penyelidikan KNKT selesai, dua rangkaian LRT akan dikirim ke PT INKA Madiun, Jawa Timur untuk diperbaiki.

“Kondisi masinis nggak apa-apa, luka ringan saja, kelihatan kuat dari awal. Alhamdulillah tak apa-apa, ke rumah sakit masih sadar,” kata dia.

Kronologi

PT INKA menjelaskan kecelakaan LRT terjadi pada Senin, 25 Oktober 2021, pukul 13.00 WIB yang selesai menjalani pengujian.

Tumbukan tersebut melibatkan 2 rangkaian kereta LRT di antara petak stasiun Harjamukti dan stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek.

“Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT. Kronologi kejadian tersebut terdapat satu rangkaian kereta akan langsir menumbuk rangkaian yang sedang stabling. Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang,” ujar Humas PT INKA, Bambang Ramadhiarto dalam keterangannya.

LRT tabrakan di Cibubur. Foto: Instagram
LRT tabrakan di Cibubur. Foto: Instagram

Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS.

Untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close