Fit

Dokter ungkap penyebab pecahnya pembuluh darah Tukul Arwana, ternyata karena ini…

Pelawak Tukul Arwana baru-baru ini dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pecah pembuluh darah di otak. Kabar terakhir menyebutkan kondisi Tukul kini makin membaik.

Hampir 5 hari di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional awang Jakarta Timur, publik tak banyak yang tahu soal pemicu pecahnya pembulh darah di kepala Tukul.

Namun baru-baru ini dokter di RS PON mengungkapkan kondisi Tukul saat dilarikan ke sana. Dokter Sardiana Salam mengatakan bahwa pihaknya menerima Tukul dalam kondisi hipertensi.

“Saat kami terima pasien dalam kondisi hipertensi. Terdeteksi sekitar 200-an tensinya,” ujar dokter Sardiana Salam melalui konferensi pers virtual, Senin 27 September 2021.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa kondisi tersebut rentan penyumbatan hingga pecaahnya pembuluh darah.

“Pada saat kita lakukan pemeriksaan secara lengkap, terjadi pendarahan luas. Kemungkinan besar itu adalah suatu respons pendarahan yang spontan karena hipertensi,” tambahnya dilansir dari laman JPNN.

Atas pemeriksaan itu lantas tim dokter menyimpulkan bahwa Tukul mengalami pendarahan otak karena hipertensi.

“Kemungkinan faktor risiko itulah yang menyebabkan terjadinya stroke. Pendarahan ini adalah hipertensi,” kata dokter Sardiana.

Pembuluh darah otak, sakit kepala foto: Pixabay
Pembuluh darah otak, sakit kepala foto: Pixabay

Jarang medical check up sehingga hipertensi tak terdeteksi

Berdasarkan keterangan manajer Tukul Arwana diketahui bahwa pelawak itu jarang melakukan medical check up sehingga hipertensi itu tidak terdeteksi.

Hal itu ternyata menyebabkan kondisi pelawak 57 tahun tersebut seperti sekarang ini.

Tukul Arwana. Foto: Instagram
Tukul Arwana. Foto: Instagram

“Kemungkinan hipertensinya ya memang tidak diketahui dan ini enggak kekontrol,” tutur dokter Sardiana.

Riwayat tidak terderteksi inilah yang ternyata hipertensi akhirnya menyebabkan pecah pembuluh darah kemudian perdarahan.

Untuk mengatasi masalah kesehatan yang diderita Tukul Arwana, dokter pun memberikan obat anti hipertensi. Tak hanya itu, pihak dokter juga terus memantau kondisi kesehatan Tukul Arwana.

Namun kekinian, keadaan ayah Ega Prayudi itu kian membaik. “Untuk saat ini kondisi bapak Tukul sudah sangat baik, responsif,” kata dokter Sardiana.

Manajer Tukul Arwana, Rizki Kimon tak menyangka bahwa pelawak itu mengidap penyakit hipertensi. Sebab, dirinya memang tak tahu riwayat penyakit mantan pembawa acara Bukan Empat Mata itu.

“Kami mengira hanya pusing biasa. Beliau mungkin enggak pernah mengeluh,” ucap Rizki Kimon.

Adapun saat ini, Tukul Arwana masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close