Trending

Penyebar isu Mega meninggal berniat jahat, Henry Yosodiningrat bongkar semua

Politisi PDIP Henry Yosodiningrat secara resmi telah melaporkan pemilik akun YouTube ‘Mahakarya Cendana’ dan TikTok ‘Jatim070881’ ke Polda Metro Jaya. Kedua akun ini dilaporkan Henry atas dugaan tindak pidana penyebaran informasi bohong alias hoaks soal meninggal-nya Megawati Soekarnoputri alias Mega akhir pekan lalu.

Henry pun menjelaskan kronologi sampai akhirnya dia memilih melaporkan kedua akun itu ke Polda Metro.

Menurut Henry, kedua akun tersebut telah menyebarkan video rekayasa yang mencatut namanya. Dalam video tersebut, kata dia, dirinya dicatut seolah-olah membenarkan rumor soal meninggal-nya Mega.

“Mereka telah memfitnah saya dan menyebarkan berita bohong dengan cara membuat video rekayasa seolah-olah saya membenarkan rumor tentang wafatnya Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua DPP Partai PDI Perjuangan,” katanya dikutip Hops.id, Rabu 15 September 2021.

Padahal, kata dia, rekaman suara dan gambar tersebut merupakan video saat dirinya menyampaikan kabar duka atas meninggalnya adik dari suami Megawati, yakni Nazarudin Kiemas. Video tersebut diambil pada 2019 silam.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto pdiperjuangan.id

“Gambar dan suara saya itu adalah rekaman gambar dan suara saya pada tahun 2019 saat wafatnya Bapak Nazarudin Kiemas, Politisi Senior PDI Perjuangan sekaligus adik kandung Almarhum Bapak Taufiq Kiemas,” katanya.

Penyebar isu Mega meninggal niat jahat

Lebih jauh, Henry mengatakan, awalnya dia mendapat kiriman video itu pada Minggu pagi. Ketika itu, dia cuek saja, karena sangat yakin itu berita bohong. Dia berpikir, banyak orang pasti paham itu hoaks, karena pakaian partai yang digunakan setelan lama hitam-hitam.

“Saya pikir orang enggak akan percaya. Nah pas Minggu malam sampai Senin pagi saya mulai terganggu, karena banyak sekali dapat telepon dari Sabang sampai Merauke. Terkesan saya bodoh banget, kok enggak konfirmasi dulu. Akhirnya saya memilih melaporkan demi penegakan hukum,” katanya.

Bagi Henry, kedua akun itu memang sangat sengaja menyebar kebohongan. Karena video itu mereka sunting sedemikian rupa, seakan-akan statemen itu ada kaitannya dengan Mega. Padahal hingga kini, Mega dalam keadaan sehat wal afiat dan tetap menjalankan tugasnya dengan baik.

Ilustrasi Sosial Media. Foto: Pexels/Magnus Mueller
Ilustrasi Sosial Media. Foto: Pexels/Magnus Mueller

“Unsur sengaja, seperti ada niat jahat, mereka sedemikian rupa merekayasa. Dan Polisi sepertinya sudah tahu posisi video itu diunggah, walau mereka sudah menghapusnya,” kata dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close