Fit

5 Langkah tingkatkan sistem imun untuk cegah virus corona Covid-19

Hops.id – Tingkatkan sistem imun tubuh sejatinya lebih baik karena obat maupun vaksin virus corona belum ditemukan sampai saat ini. Oleh karena itu, pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah dalam skala besar adalah dengan melakukan karantina. Namun kita sendiri sejatinya bisa melakukan pencegahan dini.

Dokter dan WHO sepakat jika pencegahan dari diri sendiri bisa menekan resiko tubuh terjangkit virus corona. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan dan imunitas dalam tubuh.

tingkatkan sistem imun

Sistem imum sejatinya didesain untuk menangkat infeksi dan penyakit dalam tubuh manusia. Imun yang kuat memiliki berbagai cara untuk bisa mengenali hal asing yang masuk dalam tubuh. Mulai dari bakteri, virus, jamur, parasit, maupun sel yang tidak sehat seperti sel kanker.

Baca Juga: Wali Kota Risma timbun masker, Mendagri Tito lempar sindiran pedas

Sayangnya, kekuatan sistem imun pada tubuh seesorang berbeda satu sama lain. Ini sangat tergantung pada banyak faktor. Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga atau bahkan bisa tingkatkan sistem imun tubuh, dikutip dari ZME Science.

Kurangi Stres

Dengan semua pemberitaan yang ada terkait virus corona, terkadang bisa membuat kita stres sendiri membacanya. Inilah terkadang yang membuat imunitas tubuh menurun. Terlalu banyak pikiran.

Jika suplai hormon kortisol dari stres hanya sedikit, ini dapat meningkatkan kekebalan dengan cara membatasi peradangan. Namun jika suplainya tinggi akibat stres yang juga besar hingga melewati ambang batas akan membuat pintu peradangan semakin luas. Stres juga berdampak negatif pada produksi limfosit atau sel darah putih yang merupakan garis pertahanan pertama tubuh terhadap infeksi, sehingga membuat berisiko terkena penyakit dari virus.

Berolahraga seperlunya

Olahraga rutin ternyata juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Namun jika berlebihan justru malah membuat peradangan tubuh dan dapat berakibat buruk pada imunitas tubuh. Olahraga yang dianjurkan adalah yang terkait dengan kesehatan kardiovaskular, mengurangi tekanan darah, dan mengontrol berat badan.

Baca Juga: Heboh penemuan dua tuyul di Ciamis, polisi akhirnya turun tangan

Olahraga diklaim bisa meningkatkan sirkulasi darah  sehingga sel sistem imun tubuh lebih efektif dan kuat menghalau masuknya virus.

Diet seimbang, sayur dan buah

Diet memang baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mengurangi berat badan. Namun diet yang dimaksud untuk imunitas tubuh adalah yang seimbang. Tak hanya nasi dan lauk pauknya tapi juga harus ada buah dan sayur.

Jangan Merokok

Merokok sejatinya sangat berakibat buruk pada sistem imun manusia. Selain bisa mengarah ke infeksi seperti pneumonia dan influenza, rokok juga diketahui dapat mengurangi tingkat antioksidan dalam darah.

Tidur yang cukup 

Ketika kita tidur, tubuh melepaskan protein yang disebut sitokin. Sementara jika kurang tidur maka akan mengurangi produksi senyawa itu. Sitokin sangat penting selama masa infeksi atau peradangan. Terlebih lagi, produksi antibodi dan sel kekebalan berkurang ketika tidak cukup tidur.

Jumlah tidur optimal untuk sebagian besar orang dewasa adalah antara 7 dan 8 jam. Namun, anak-anak dan remaja usia sekolah mungkin membutuhkan hingga 10 jam tidur.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close