Fit

Sering dikira sama, ini perbedaan tepung tapioka dan tepung singkong

Banyak yang mengira bahwa tepung tapioka dan tepung singkong adalah dua hal yang sama. Bahkan tak jarang saat memasak, banyak yang keliru mencampurkannya dalam bahan masakan sehingga membuat hasil masakan tidak maksimal.

Ternyata tepung singkong dan tepung tapioka adalah dua hal yang berbeda. Kesamaannya adalah, keduanya dibiat dengan bahan dasar yang sama yaitu singkong.

Baca juga: 5 Bahan pengganti tepung tapioka yang bebas gluten dan sehat

Nah, jika kamu hobi memasak sebaiknya pahami betul perbedaan dan hal-hal yang mencirikan keduanya. Dilansir laman foodmama, berikut ini perbedaan kedua bahan makanan tersebut.

Diperoleh dari singkong, namun dengan cara berbeda

Meskipun sama-sama berasal dari singkong namun kedua bahan ini dibuat dari hal yang berbeda. Jika tapioka dibuat dari sari pati yang mengendap di air perasan singkong, maka tepung singkong diperolah dari keseluruhan batang singkong yang dikeringkan dan dihaluskan.

Singkong
Singkong Foto: Pixabay

Kandungan serat

Karena keduanya dibuat dengan cara dan bagian singkong yang berbeda, makan jumlah serat uang terkandung di dalamnya juga berbeda.

Kandungan serat tepung singkong ternyata lebih tinggi dibanding tapioka karena tepung singkong menggunakan seluruh bagian batang singkong.

Larut air

Tepung tapioka bisa larut di dalam air sementara tepung singkong tidak bisa sama sekali. Karena itu ketika keduanya digunakan sebagai bahan masakan akan memberikan hasil yang berbeda pula.

Campuran bahan makanan berbeda

Tapioka kerap kali digunakan sebagai bahan pengental kuah atau sebagai bahan pengisi kue-kue kering. Sedangkan tepung singkong kerap digunakan untuk membuat kue basah hingga bubur.

Tepung
Tepung Foto: Pixabay

Baca juga: Kue odading viral gegara Mang Soleh, ini resep gampang bikinnya

Perbedaan teknik pembuatan

Tapioka merupakan sari pati yang diekstrak dengan air dari umbi singkong (ketela pohon). Setelah disaring, bagian cairnya dipisahkan dari ampasnya, lalu diendapkan. Hasil endapan itu kemudian dikeringkan dan digiling halus.

Sedangkan tepung singkong diperoleh dengan cara menggiling umbi singkong yang telah dikeringkan (gaplek) dan diayak sampai diperoleh butiran-butiran kasar dalam ukuran tertentu.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close