Hobi

Kencan singkat rasakan performa buas Toyota GR Yaris di lintasan kecil

PT Toyota Astra Motor (TAM) mulai mendistribusikan GR Yaris kepada konsumen pada November 2021. Sebelum melakukan distribusi GR Yaris ke konsumen, Toyota mengajak media untuk merasakan performa buas mesin berkode G16E GTS di lintasan kecil Edutown BSD, Kota Tangerang.

Tak tanggung-tanggung untuk membuktikan kebuasan Toyota GR Yaris, dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) Demas Agil dan Adrianza Yunial ditugaskan untuk mengawal uji jalan mobil yang hanya dipasarkan sebanyak 100 unit untuk Indonesia.

Muslima Fest

Sebelum mencoba redaksi Hops yang mendapat kesempatan menggeber GR Yaris, Demas Agil terlebih dahulu memberikan teknik cara mengendalikan GR Yaris dengan teknik drifting. Serta menggeber performa mesin hingga kembali ke tantangan melewati beberapa kone yang ada di lintasan.

Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris Foto: Mfd/Hops.id

Menurut Demas Agil, tujuan beberapa pengujian yang ada di trek lintasan edutown tersebut, bertujuan untuk menjajal performa dan kelincahan mobil yang memiliki dimensi panjang 3.995 mm serta lebar bodi 1.805 mm.

Saat Demas Agil menjajal beberapa teknik drifting di lintasan kecil, kesan pertama yang dirasakan, memang GR Yaris pantas menjadi model mobil yang banyak diburu para pecinta kecepatan. Setidaknya kebuasan mesin dan kelincahan di tangan pembalap Demas Agil, Toyota GR Yaris benar-benar buas.

Performa buas Toyota GR Yaris bukan kaleng-kaleng

Setelah mendapat arahan dan teknik mengemudi agar performa GR Yaris bisa terasa buas. Giliran redaksi Hops berada di belakang kemudi mobil yang memiliki banderol mencapai Rp750 juta. Saat memasuki kabin dan berada dibalik kemudi, kesan racing sangat kental terasa.

Jok dengan konsep racing, terasa nyaman dan memberikan dekapan yang sangat ergonomis di badan pengemudi dengan tinggi 170 cm dan bobot 75 kg. Toyota GR Yaris memang dirancang dengan material berkualitas diantaranya lapisan stir yang sangat rigid dalam genggaman membuat pengendalian kemudi semakin mantap digenggam.

Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris Foto: mfd/Hops

Yakin dengan posisi driving yang nyaman serta menunjang visual secara baik. Saatnya menjajal kebuasan kemampuan GR Yaris mulai dari performa mesin hingga suspensi yang diracik khusus oleh tuner Gazoo Racing.

Mendapat kesempatan dua kali putaran, langkah pertama dimanfaatkan untuk mengenali jalur trek yang ada dilintasan kecil. Pada sesi ini redaksi Hops tidak menggeber GR Yaris secara full. Meski demikian dari akselerasi saat pedal kopling dilepas, sangat terasa jika mobil ini memiliki torsi yang cukup membuat badan terpental ke belakang.

Pada putaran kedua, saatnya menguji langsung mesin mobil berkapasitas 1.6 liter. karuan saja saat berada di posisi gear satu, performa dari mesin terbilang sangat galak, bahkan sempat membuat G force yang cukup meningkatkan adrenalin.

Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris Foto: Mfd/Hops

Bagaimana tidak, dibalik bonet mesin G16E GTS, besaran torsi yang mampu diletupkan menacapai 360 Nm pada putaran 3.000 -4.000 rpm. Jumlah tenaga putaran bawah racikan Gazoo Racing terbilang sangat besar untuk memberikan akselerasi terbaik baik pada posisi diam maupun di setiap putaran mesinnya.

Dari sektor mesin tenaga yang dihasilkan Yaris GR terbilang cukup besar dimana dapur pacu G16E GTS mampu meletupkan tenaga hingga 261 Ps. Seluruh tenaga disalurkan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Aspek kelincahan

Manuver Toyota Yaris racikan Gazoo Racing terbilang cukup lincah, salah satu kunci yang diterapkan pada mobil ini salah satu wheelbase yang mencapai 2.560 mm serta memiliki ground clearence 124 mm. Kehandalan mobil saat meliuk di setiap putaran ditunjang dengan radius putar yang hanya 5,31 m.

Secara keseluruhan GR Yaris merupakan pengembangan yang berbeda dari versi Yaris pada umumnya. Wajar jika mobil ini memiliki banderol mencapai Rp750-850 juta. Spesifikasi khusus serta penambahan perangkat baik mesin maupun piranti pendukungnya membuat mobil menjadi pilihan banyak pecinta.

Tingginya peminat Toyota GR Yaris yang masuk ke Indonesia, membuat PT Toyota Astra Motor dibuat kelimpungan. Jatah 100 unit mobil yang masuk ke indonesia pasalnya direbutkan 600 orang.

Toyota GR Yaris
Toyota GR Yaris Foto: Mfd/Hops

Ratusan konsumen yang minat tersebut, diperkirakan dari kalangan sultan di Indonesia. Bagaimana tidak, mungkin otohopers akan tepok jidat jika melihat banderol harga Toyota Yaris GR yang dipasarkan secara terbatas tersebut.

Toyota akan membanderol mobil hatchback dengan spesifikasi khusus Gazoo Racing, dengan harga mencapai Rp850 juta. Tentu sebuah harga yang cukup mahal terlebih di tengah kondisi saat ini.

“Di Indonesia sendiri, kami hanya mendapatkan alokasi sebanyak 127 unit. Kami berkomitmen untuk dapat mengalokasikan Toyota GR Yaris secara adil kepada lebih dari 600 pelanggan yang telah melakukan pemesanan,” jelas Anton Jimmi Suwandy, marketing director PT TAM.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close