Hobi

Toyota Avanza mulai tinggalkan gaya MPV, pengamat bongkar motifnya

Bocoran model Toyota Avanza baru mulai banyak terkuak, bahkan model terbarunya sudah mendarat di beberapa diler. Terlihat ubahan dari Toyota Avanza baru yang dinilai mulai bergeser dan tinggalkan model MPV.

Perubahan tersebut juga mendapat tanggapan pengamat otomotif Bebin Djuana yang telah memprediksi terhadap perubahan Toyota Avanza. Menurutnya perubahan yang dilakukan Toyota merupakan hal yang biasa terjadi di industri otomotif.

Muslima Fest

“Perubahan Toyota Avanza yang mulai bergeser dari model MPV ke SUV sebenarnya sudah bisa kita lihat dari model konsep yang sempat diperkenalkan Daihatsu beberapa waktu lalu,” ungkap Bebin kepada Hops.id.

Toyota Avanza baru
Toyota Avanza baru Foto: Indra Fathan

Bagaimanapun, lanjut Bebin pergeseran model ditentukan oleh pasar otomotif. Karena jika melihat perkembangan pasar global, telah terjadi pergeseran model dari MPV ke SUV.

Dimana mobil SUV banyak diminati banyak negara. Sedangkan industri otomotif Indonesia sendiri yang memiliki pangsa pasar terbesar pada model MPV lambat laun mengikuti trend model global yakni SUV.

“Bagaimanapun meski pasar Indonesia didominasi oleh model MPV, karena secara global model SUV jauh lebih laku dibanding model mobil keluarga. Sehingga Indonesia dipastikan akan mengikuti trend tersebut,” katanya.

Generasi terbaru Avanza
DN Six generasi terbaru Avanza Foto: Ist

Perubahan Toyota Avanza tinggalkan gaya MPV ke SUV

Perubahan Toyota Avanza baru dari model MPV ke SUV mulai diterapkan produsen, karena kebutuhan konsumen saat ini sudah lebih mengarah pada kebutuhan model kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Mulai dari ketangguhan mobil yang berkaitan dengan karakter jalan di Indonesia, serta kebutuhan kendaraan yang mampu di segala medan. Sedangkan untuk kebutuhan kapasitas penumpang sudah dipenuhi produsen dengan model SUV dengan 3 baris bangku.

“Model SUV menjadi kebutuhan konsumen saat ini, dimana kebutuhan kendaraan sudah mengarah pada model yang tangguh di segala medan dan pemenuhan kebutuhan kapasitas 7 penumpang juga sudah dipenuhi produsen,” jelas Bebin.

Toyota Avanza terbaru
Toyota Avanza terbaru foto: Indra fathan

Bocoran Toyota Avanza baru

“Tak bisa dipungkiri pasar otomotif Indonesia akan mengikuti trend seperti pasar global dimana model SUV akan lebih laris dibanding model lain,” tegasnya.

Secara tersirat, prediksi tersebut akan berdampak pada model MPV seperti Avanza Cs yang akan terus menyusut penjualannya.   

Di pasar global China dan AS merupakan negara dengan pangsa pasar model SUV terbesar di dunia. Dimana kedua negara ini berdasarkan laporan sebanyak 17-18 juta unit mobil SUV terjual setiap tahunnya.

Untuk negara China sendiri dikutip dari Mobility Foresight terdapat 523 model SUV yang dijual dari kurang lebih 50 produsen mobil lokalnya. seperti Haval H6, Baojun 560, Trumpchi GS4 sangat populer di Cina.

Di pasar Eropa sendiri SUV juga menyumbang penjualan sebesar 5,4 juta unit pada tahun 2018 atau 36 persen dari total penjualan mobil penumpang. Penyesuaian model di Eropa SUV kecil menjadi mobil dengan penjualan yang cukup cepat kenaikannya menyumbang hampir 39% dari penjualan SUV di Eropa.     

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close