Hot

Perjalanan karier Cai Xukun, rapper ganteng yang jadi produser musik termuda di China

Nama Cai Xukun (Kun) mungkin terdengar asing di Indonesia. Namun di Asia, Cai Xukun cukup terkenal. Ia adalah penyanyi, penulis lagu, dan rapper asal China yang berwajah ganteng dan berbakat.

Pria kelahiran 2 Agustus 1998 di Wenzhou, Zhejiang, China ini tumbuh besar bersama kakek-neneknya di Huaihua, Hunan. Bagaimana perjalanan kariernya? Simak artikel berikut ini.

Perjalanan Karier Cai Xukun

Karier Kun dimulai sejak masih muda. Ia ingin bergabung dengan grup anak laki-laki TFboys, tetapi orang tuanya memutuskan Kun untuk fokus pada studinya demi masa mudanya.

Lalu pada tahun 2015, ia menjadi terkenal setelah berpartisipasi dalam acara survival China-Korea Super Idol.

Pada Oktober 2018, ia bergabung dengan SWIN sebagai member dari sub-unitnya SWIN-S tetapi memilih untuk pergi beberapa bulan kemudian setelah permasalahan kontrak.

Cai Xukun foto: Istimewa
Cai Xukun foto: Istimewa

Setelah itu Kun berpartisipasi dalam acara survival siaran televisi iQiyi, Idol Producer, dan memenangkan peringkat pertama dengan mendapatkan lebih dari 47 juta suara.

Ia kemudian memulai debutnya sebagai anggota boy grup iQiyi, Nine Percent, dengan menjadi pemimpin grup.

Tak lama setelah debutnya, Kun mendirikan studio musik miliknya sendiri yang bernama Kun Studio.

Pada tahun yang sama, ia merilis single pertamanya, I Wanna Get Love dan EP (Extended Play) pertamanya yang bernama “1”.

Lagu pertama dalam EP-nya, Pull Up, berhasil memecahkan 10 rekor dan memuncaki peringkat dalam empat tangga lagu QQ Music serta nomor satu di Tangga Lagu V Billboard China selama 8 minggu berturut-turut.

Pada tahun 2019, ia merilis single berbahasa Mandarin pertamanya, No Exception, dan campuran musik DJ pertamanya, Bigger.

Kun telah menyusun dan memproduksi sebagian besar karya solonya sendiri dan aktif terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan panggungnya.

Cai Xukun foto: Istimewa
Cai Xukun foto: Istimewa

Ia juga memiliki gaya musik yang sangat beragam, mulai dari R&B Modern, R&B Urban, Hip-Hop, Pop, Dance hingga Electronic Soul, ia senang bereksperimen dengan gaya baru.

Jadi produser musik termuda

Pada tahun 2020, Kun diumumkan menjadi Produser Pemuda dari iQiyi’s, Youth With You musim ketiga, yang merupakan acara survival yang menciptakan mantan grup Kun.

Single nya yang berjudul Lover sangat hit di mana-mana hingga menduduki puncak tangga lagu dan banyak di-cover atau dinyanyikan dalam acara-acara televisi.

Dilansir dari situs Dailycpop, Kun juga dikenal aktif mengikuti kegiatan amal, seperti saat ia menyumbang untuk Covid-19, saat ulang tahunnya, atau waktu-waktu lain.

Kun juga memiliki bakat di dunia akting. Ia memulai debut aktingnya sebagai pendukung pada drama Fairytale tahun 2012, menjadi sosok peran utama saat muda.

Kemudian ia mengambil peran utama sebagai Ye Lin dalam drama I Won’t Get Bullied by Girls tahun 2018.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close