Trending

Pernah dihina mirip smurf, patung Melania Trump dibakar oknum warga

Masih ingat patung penghargaan untuk ibu negara AS Melania Trump, yang dibangun dekat kampung halamannya? Patung kayu menyerupai Melania itu dibakar oknum warga hingga hangus.

Patung Melania Trump yang dipajang di dekat kampung halamannya, Sevnica, Slovenia, dibakar pada Hari Kemerdekaan AS yang jatuh pada 4 Juli.

Baca juga: OMG! Donald Trump disembah di India sampai dibuatkan kuil

Dilansir Reuters, Brad Downey, seniman AS yang berbasis di Jerman (yang meminta agar patung itu dibuat). Mengatakan bahwa patung yang kini hangus itu telah dipindahkan segera setelah polisi menginformasikan insiden tersebut pada 5 Juli 2020 kemarin.

“Saya ingin tahu mengapa mereka melakukannya,” kata Downey.

Downey berujar, ia membangun patung kayu itu karena berharap patung itu akan mendorong dialog mengenai situasi politik di AS. Ia juga menyoroti status Melania Trump sebagai imigran yang menikahi presiden, yang bersumpah untuk mengurangi imigrasi.

Patung Melania Trump
Patung Melania Trump Photo: REUTERS/Borut Zivulovic

Dalam beberapa pekan terakhir, Presiden Donald Trump telah berjanji akan menindak keras siapa pun yang menghancurkan atau merusak monumen bersejarah AS itu, seiring berjalannya aksi politik melawan ketidakadilan terkait ras di penjuru negeri.

Seniman 39 tahun itu telah melapor kepada polisi dan ingin mewawancarai pelaku, bila ditemukan, untuk film yang disiapkan jelang pameran yang akan dibuka di Slovenia pada September mendatang.

“Penyelidikan untuk kasus ini belum rampung jadi kami belum bisa mengungkapkan detil demi kepentingan prosedur lebih lanjut,” kata juru bicara kepolisian Alenka Drenik kepada Reuters.

Sempat dihina mirip Smurf

Meskipun wajah patung itu terpahat kasar dan tidak dapat dikenali, sosok itu ditampilkan mengenakan mantel biru pucat keluaran Ralph Lauren. Busana tersebut dikenakan Melania pada hari inaugurasi atau saat pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS, 2017 lalu.

Melania Trump
Melania Trump Photo: Inistagram

Ukiran kayu raksasa itu didesain oleh Brade Downey yang kemudian dikerjakan oleh Seniman Slovenia, Ales Zupevc menggunakan gergaji mesin dan berbahan batang pohon linden.

Patung yang dibuat untuk memeriahkan pameran Downey di ibukota Ljubljana sekaligus bertujuan mengeksplorasi akar sejarah Melania di negara yang berlokasi di kawasan gunung Alpen itu.

Kemunculan ukiran patung kayu tersebut kemudian mengundang kontroversi di masyarakat, termasuk dari media sosial.

Sebagian dari mereka menganggap karya tersebut memalukan. “Pemahatnya bekerja dalam waktu lama untuk patung itu, namun hasilnya tidak terlihat secantik biasanya,” kata seorang warga kepada Reuters.

Warga lainnya mengatakan patung tersebut tak mirip dengan Melania. Itu patung Smurfette (tokoh Smurf perempuan). Apalagi, warna busana tersebut juga senada dengan warna Smurf.

Komentar senada juga disampaikan oleh sejumlah warga lainnya lewat media sosial. “Ini memalukan,” kata warga tersebut.

Downey sempat angkat bicara mengenai komentar sejumlah masyarakat yang mengkritik patung Melania tersebut. Baginya, karya tersebut terlihat sangat indah.

“Aku mengerti mengapa orang-orang berpikir patung tersebut tidak sesuai dengan penampilan fisik tokoh sebenarnya. Namun bagiku produk itu benar-benar cantik,” kata Downey.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close