Hobi

Pesaing Toyota Alphard muncul lagi, harganya Cuma Rp460 juta

Kesuksesan mobil MPV premium Toyota Alphard membuat banyak produsen iri dan membuat mobil pesaingnya. Setelah produsen Morris Garrage yang membuat pesaingnya, kini produsen mobil asal Tiongkok BAIC Ruili baru saja meluncurkan mobil MPV premium mirip Toyota Alphard dengan nama Doda V8.

Peluncuran Doda V8 cukup mencuri perhatian, bukan perkara mobil ini akan menjadi saingan terberat bagi Toyota Alphard. Melainkan desain yang dimiliki mobil ini nyaris mirip dengan Alphard mulai dari fasia depan hingga penggunaan pintu sliding yang juga diaplikasikan dari model Alphard terbaru.

Melihat tampilan Doda V8, kemiripan bagian depan terlihat mulai dari desain lampu yang cukup besar, mengingatkan pada model lampu utama dari Toyota Alphard lama. Agar tak terkesan kuno, produsen BAIC Ruili mengkombinasikannya dengan desain grill berukuran besar yang kini diaplikasikan di generasi terbaru Alphard.

Kembaran Toyota Alphard Doda V8
Doda V8 mobil MPV murah jadi kembaran Toyota Alphard Foto: Autonewschina

Pada bodi yang mengotak, terciri produsen China ini mengadopsinya dari model generasi pertama Alphard, sedangkan bentuk pintu mobil dengan sistem geser sangat mirip dengan generasi kedua Alphard. Secara keseluruhan Doda V8 merupakan model penggabungan dari setiap generasi Alphard yang ada.

Sedangkan pencantuman nama V8 pada model MPV premium asal China, menunjukkan tipe dari mobil tersebut. Jadi sektor pacunya tidak mengusung mesin yang memiliki konfigurasi V8. Namun uniknya, mobil ini dibekali mesin yang bukan produksi dari BAIC.

Yang cukup unik Doda V8 dibekali menggunakan mesin milik Mitsubishi dengan kode 4G69, mesin model ini merupakan sektor pacu yang digunakan Mitsubishi untuk kendaraan MPV Grandis. Di atas kertas mesin berkapasitas 2.4 liter ini memiliki tenaga 162 Hp dengan torsiĀ  sebesar 217 Nm.

Doda V8 mobil MPV asal China
Doda V8 mobil MPV asal China Foto: Autonewschina

Jika dibandingkan dengan mesin Toyota Alphard yang menggunakan mesin 2AR-FE dengan kapasitas 2.5 liter daya maksimum yang mampu meletupkan tenaga sebesar 177 hp pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi Alphard asli ini mencapai 234 Nm di putaran 4.100 rpm.

Baca juga: Gegara satu mobil SUV, Mitsubishi kembali ke India siapkan penantangnya

Terkait harga Doda V8 ditawarkan dengan harga yang tentunya lebih murah dari Toyota Alphard yang dibanderol sebesar Rp1 miliar lebih. Sedangkan untuk bisa memboyong Doda V8 jika di kurs-kan, konsumen cukup mengeluarkan uang Rp460 juta-an.

BAIC Ruili adalah anak perusahaan dari BAIC, Beijing Auto Industry Corporation, yang lebih dikenal sebagai ‘Beijing Auto’. Ruili pada dasarnya berfungsi sebagai fasilitas produksi lokal untuk BAIC. Mereka membuat BJ40, Doda V2 berdasarkan Weiwang M20, dan sekarang Doda V8.

Doda V8 pesaing Toyota Alphard
Doda V8 pesaing Toyota Alphard Foto: Carnewschina

BAIC merupakan salah satu produsen mobil yang sering melakukan kloning beberapa mobil yang telah populer di pasar global. Meski tak menjualnya ke luar China. Kebutuhan produsen global terhadap pasar Tiongkok membuat aksi kloningan tak bisa dibendung, produsen sendiri menilai sebagai langkah yang sudah sering terjadi dan sulit dicegah khususnya melalui jalur hukum.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close