Otomotif

Motor mirip Nmax dibanderol Rp62 juta, konsumen Indonesia beruntung

Konsumen di Indonesia cukup beruntung dibanding konsumen di Thailand. Pasalnya Yamaha Thailand menjual motor skuter matik yang mirip dengan Nmax, dengan harga mencapai puluhan juta. Sedangkan di Indonesia sendiri Yamaha Nmax dibanderol sekira Rp30 juta-an.

Yamaha Force 155, merupakan motor skuter matik yang memiliki desain lebih gahar dibanding Nmax. Fasia depan motor racikan Thailand ini memiliki lampu yang dibuat lebih rendah dengan lekuk bodi yang lebih tajam dibanding Nmax.

Seluruh bodi yang ditampilkan bermuara dengan ujung bodi yang semuanya menghadap ke bawah. Desain inilah yang membuat Force 155 lebih gahar dibanding Nmax yang dipasarkan di Indonesia.

Yamaha Force
Yamaha Force 155 Foto: Motosaigon

Pembedanya, Yamaha Force menyesuaikan dengan desain bodi lancip bagian depan, sehingga lampu tersemat terlihat lebih besar. Hal itu juga untuk memaksimalkan pencahayaan bagi pengendara.

Meski tak memiliki banyak kemiripan dengan Yamaha Nmax, namun posisi lampu sein yang terpisah dengan lampu utama ditempatkan di bagian sayap motor dan mirip dengan desain Yamaha Nmax.

Bagian bodi belakang, lekuk bodi yang serba tajam, membuat bodi Yamaha dari sisi samping terlihat sedikit menukik ke arah lantai kaki. Karenanya untuk memperhitungkan kenyamanan jok bagian belakang dibuat lebih tebal dibanding bagian depan.

Yamaha all new Nmax lebih modern
Yamaha all new Nmax lebih modern Foto: YIMM

Berujung di bagian buritan, lampu belakang memiliki desain yang berbeda dari Yamaha Nmax maupun Xmax. Yamaha membuat desain lampu khusus untuk model Force 155. Lampu memanjang secara horisontal dengan lampu sein yang terpisah di bagian bawahnya.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R meluncur 10 Juli 2020, harga tak sampai Rp100 juta

Banyaknya perbedaan antara Nmax dan Forced 155, disisi lain inilah yang membuat konsumen di Indonesia lebih beruntung memiliki Nmax karena ditawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal.

Jika membandingkan dengan Yamaha Nmax di pasar otomotif Thailand, motor skuter matik tersebut dibanderol dengan harga mencapai Rp62 juta. Sedangkan mesin yang digunakan diperkirakan mirip dengan Yamaha Nmax dengan kapasitas 155 cc.

Speedometer Yamaha Force
Yamaha Force 155 Foto: Motosaigon

Sektor pacu Yamaha Force

Yamaha Force 155 dibekali mesin berkapasitas 155 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 14,8 Hp dengan torsi mencapai 14 Nm. Jika dibandingkan dengan mesin Yamaha Nmax, keduanya memiliki tenaga yang sama.

Yamaha Nmax di pasar otomotif Indonesia memiliki spesifikasi mesin yang sama yakni tenaga hingga 14,8 Hp serta tenaga mesin putaran bawah mencapai 14 Nm. Konsumsi bahan bakar Yamaha Force terbilang cukup irit.

Perbandingan bahan bakar yang diperlukan untuk mencapai jarak sekira 100 kilometer mencapai 2,7 liter. Secara keseluruhan kedua model memiliki mesin yang sama, namun dibedakan dengan bodi motor.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close