Hot

3 Artis pindah ke Kristen didukung keluarga, Adjie Notonegoro bawa gerbong

Sederet artis memutuskan memeluk agama Kristen. Mereka memiliki keyakinan yang berbeda dengan orang tua.

Keputusan mengubah keyakinan bukan hal yang sederhana. Meskipun itu merupakan hak pribadi masing-masing individu, mereka kadang harus berhadapan dengan keluarga. Seringkali keputusan pindah agama mendapat pertentangan dari orang-orang terdekat. Tapi sederet artis ini cukup beruntung, mereka memutuskan memeluk Kristen dan mendapat dukungan keluarga.

Baca juga: Rizki DA punya istri tapi cium wanita lain, begini status hubungannya

Adjie Notonegoro

Adjie Notonegoro agama
Perancang busana Adjie Notonegoro. Foto: YouTube Melaney Ricardo

Desainer senior Adjie Notonegoro baru-baru ini menceritakan pengalaman spritualnya dalam YouTube Melaney Ricardo. Dia mulai mengenal agama Kristen sewaktu berada di dalam penjara.

Setelah bebas, dia mengaku sempat bermimpi bertemu Tuhan sebanyak dua kali. Sejak itulah dia memantapkan hati meninggalkan agama Islam dan beralih ke Kristen. Dia mengaku memberi tahu anak-anaknya soal kepercayaan barunya merupakan tantangan besar.

Pria 59 tahun ini sudah siap dengan segala konsekuensi pilihan agamanya, tapi ternyata respons keluarga di luar dugaan. “Walaupun anak-anak saya marah, meninggalkan saya, saya tidak akan mundur satu langkah pun untuk meninggalkanmu Tuhan. Begitu saya ngomong dengan anak-anak saya, dia cuman bilang ‘give me five pah, it’s okay pah sama saja’”.

Adjie bahagia, keluarganya ikut keyakinan barunya. “Yang hebat setelah saya ikut bersama Tuhan, enam atau tujuh bulan setelahnya semua anak saya sekeluarga ikut Tuhan, dan juga adik saya dan tante saya. Jadi saya pikir kalau satu orang diselamatkan, satu keluarga diselamatkan.”

Salmafina sunan

Salmafina Sunan
Sumber: Instagram/@salmafinasunan

Sempat jadi hijaber, keputusan Salmafina memeluk Kristen mengagetkan banyak pihak terlebih orang tuanya, Sunan Kalijaga dan Heidi Sunan. Saat Alma dikabarkan pindah keyakinan, ayahnya sempat mengunggah curhatan di Insta Story “Alhamdulillah terima kasih ya Allah. Di hari ulang tahun pernikahan kami ke-21 tahun engkau berikan hadiah ujian yang berat, namun Insya Allah kami menerimanya dengan ikhlas karena engkau Maha Kuasa lagi Maha Penyayang,” tulis Sunan Kalijaga kala itu.

Meski awalnya berat menerima keputusan tersebut, akhirnya si pengacara kondang itu bisa ikhlas.”Apa pun perjalanan hidupnya, Allah SWT mengatur, saya menjalani,” kata Sunan Kalijaga.

Sunan meyakini anak-anak merupakan titipan Tuhan dan bukan miliknya seluruhnya. Senada dengan suaminya, Heidi Sunan juga memberikan jawaban bijak. “Aku sama seperti ibu-ibu lainnya. Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik dan menyayangi mereka,” ujar Heidi dalam tayangan Go Spot RCTI.

Kini hubungan Alma dengan kedua orang tuanya tetap harmonis. Dia pun merasa orang tua tidak ‘membuangnya’ karena sudah pindah agama. Sebaliknya, dia merasa didukung dalam mengambil segala keputusan yang terbaik baginya.

Jawaban Salmafina Sunan soal anaknya pindah agama. Foto: Instagram

Lukman Sardi

Aktor Lukman Sardi
Aktor Lukman Sardi. Foto: Instagram

Aktor Lukman Sardi termasuk salah satu artis yang berpindah agama ke Kristen. Dalam talkshow Alvin & Friends beberapa waktu lalu dia menceritakan soal pilihan keyakinannya.

Pindah keyakinan di umur yang matang dianggap Lukman sebagai bagian dari perjalanan hidup. Dia terlahir dari keluarga Islam, tapi banyak sepupunya yang Nasrani. Adiknya sudah lebih dulu mengubah keyakinannya. “Jadi keluarga gue sebenarnya sangat plural. Dan mereka tidak pernah punya masalah yang besar terkait hal itu,” ujarnya.

Soal respons ayahnya, Idris Sardi, Lukman tidak menampik kalau ada sedikit rasa kecewa. Tapi almarhum ayahnya akhirnya bisa memahami keputusan yang ia ambil. Idris berpesan kalau Lukman harus bertanggung jawab atas pilihan yang diambilnya dan tidak menyalahkan orang lain.

Lukman mengaku ayahnya meninggal dalam keadaan tenang. “Kamu sekarang berada di tempat yang paling tepat buat kamu, Lukman,” ujar Lukman menirukan ucapan Idris Sardi sebelum meninggal. 

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close