Unik

Pola lantai tari andun, kunci jawaban dari buku tematik kelas 6 tema 2

Artikel ini berisi tentang tari andun termasuk pola lantainya. Pola lantai tari andun merupakan salah satu soal dari buku tematik kelas 6 tema 2. Artikel ini diharapkan dapat membantu orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar anak.

Indonesia memang kaya akan budaya. Salah satu unsur budaya yang dimiliki Indonesia adalah tarian tradisional atau tari daerah. Salah satunya seperti tari andun ini yang merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bengkulu Selatan. Kebanyakan, tari andun ditampilkan di acara pernikahan pada malam hari. Daerah Bengkulu Selatan khususnya Kota Manna akan menjadikan tari andun ini sebagai salah satu hiburan saat acara pernikahan.

Sebenarnya, tari andun ini digunakan untuk sarana mencari jodoh setelah selesai musim panen padi pada saat dahulu kala. Namun seiringnya perkembangan zaman, kini tari andun digunakan sebagai sarana pelestarian tari daerah sekaligus hiburan masyarakat saat pesta pernikahan.

Dilansir Hops.id dari Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat, dan Senjata Tradisional oleh tim penulis Penebar Cif yang telah dikutip oleh Kumparan, tari andun dilakukan secara berpasangan dan kelompok. Tarian ini diiringi dengan alat musik yang sangat terkenal di tengah masyarakat Bengkulu yakni kolintang.

Lalu, bagaimana pola lantai tari andun? Berikut telah Hops rangkum jawabannya. Yuk, disimak!

Kostum tari andun. Foto: Pedomanbengkulu.com
Kostum tari andun. Foto: Pedomanbengkulu.com

Pola lantai tari andun

Tari andun mempunyai dua jenis yakni tari andun kebanyakan dan tari andun lelawanan. Tari andun kebanyakan dilakukan secara berkelompok dengan minimal jumlah penari sepuluh orang dan gender sejenis. Misal, satu kelompok tari andun kebanyakan harus diisi dengan perempuan minimal sepuluh orang atau sepuluh orang laki-laki semua.

Sedangkan, tari andun lelawanan dilakukan secara berpasangan atau berlawanan oleh laki-laki dan perempuan yang belum menikah atau berkeluarga. Untuk jenis ini, ditampilkan dengan tiga pasang penari alias tiga penari laki-laki dan tiga penari perempuan.

Tari andun lelawanan. Foto: riverspace.org
Tari andun lelawanan. Foto: riverspace.org

Oleh karena terdapat dua jenis, pola lantainya pun mempunyai dua jenis pula. Pola lantai tari andun kebanyakan membentuk pola garis lengkung yang berbentuk lingkaran. Sedangkan, tari andun lelawanan memiliki pola garis lurus.

Nah, itu dia pola lantai tari andun yang menjadi jawaban buku tematik kelas 6 tema 2. Selain untuk mengecek hasil belajar anak, menambah wawasan juga kan, Hopers?

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close