Hobi

Polisi mulai gunakan mobil listrik, cuma keluar biaya Rp70 ribu

Kepolisian Republik Indonesia mulai menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan patroli resminya. Penggunaan mobil listrik polisi tersebut tak lepas dari peran serta kepolisian yang didukung IMI dan Prestige Motorcars.

Mobil listrik dukungan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan Prestige Motorcars tersebut, merupakan bentuk dukungan IMI dalam mendukung agenda pemerintah dalam percepatan kendaraan bermotor listrik dan memperkenalkan Tesla di jajaran Kepolisian RI.

Dengan hadirnya mobil listrik Tesla Model 3 sebagai kendaraan patroli diharapkan bisa menjadi barometer terkait dukungan rencana pemerintah melakukan percepatan penggunaan mobil listrik di tanah air.

Mobil listrik polisi Tesla Model 3
Mobil listrik Tesla model 3 jadi mobil patroli polisi Foto: Doc Prestige

“Kami dari Prestige Motorcars siap memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan IMI. Dimana agenda IMI sendiri yaitu mempercepat penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai. Oleh sebab itu, unit Tesla Model 3 sudah kami siapkan untuk memperkenalkan Tesla di jajaran kepolisian RI.” Jelas Rudy Salim, CEO Prestige Motorcars.

Biaya mobil listrik patroli polisi

Penggunaan mobil listrik Tesla Model 3 sebagai kendaraan patrol Polisi, diyakini akan membantu kinerja kepolisian dan membantu terjadinya siklus pengurangan emisi yang menjadi perhatian di seluruh dunia. Selain dari biaya tenaga listrik yang digunakan mobil terbilang sangat murah.

Mobil listrik Patroli polisi ini diklaim hanya menghabiskan biaya pengecasan listrik sebesar Rp70 ribu saja. Dengan biaya tersebut, mobil bisa menempuh jarak sejauh 400 kilometer sekali pengecasan.

Tesla model 3
Mobil listrik Tesla Model 3 Foto: Ubergizmo

Acara penyerahan diadakan pada hari Kamis, 25 Februari 2021 Jam 14:00 WIB di Lapangan NTMC Korlantas POLRI. Acara penyerahan simbolis kendaraan Tesla diberikan langsung kepada Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H dari Korlantas POLRI, dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) diwakili oleh Rifat Sungkar (wakil ketua IMI), Effendy Gunawan (bendahara IMI), dan CEO Prestige Motorcars Rudy Salim.

Pada saat acara, Syamsul Bahri selaku dewan pengawas IMI menyatakan bahwa “IMI akan selalu mendukung program pemerintah. Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan keinginan masyarakat terhadap mobil listrik yang ramah lingkungan tanpa gas emisi.”

Dengan spesifikasi yang gahar Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5.6 detik dengan kecepatan maksimum mencapai hingga 225 km/jam.

Selain itu, fitur futuristik yang hadir dalam menunjang kenyamanan dan keamanan pada Tesla Model 3, antara lain  Autopilot Mode, Recirculating Air Quality Mode, Layar Sentuh Futuristik 15 Inci, Sistem Audio dengan 15 speakers, 1 subwoofer, dan 2 amps, serta Tinted Glass Roof berteknologi penangkal sinar UV & infrared.

Tesla model 3
Tesla Model 3 Mobil patroli polisi Foto: Doc Prestige

Bambang Soesatyo selaku pimpinan IMI, dimana beliau juga menjabat sebagai ketua MPR RI mengatakan.  

“Terima kasih kepada Prestige Motorcars yang sudah mendukung agenda ini sehingga dapat berjalan dengan baik. Kedepannya IMI akan terus menggalakan program kendaraan bermotor berbasis baterai sehingga masyarakat semakin yakin untuk beralih dari mobil konvensional ke mobil listrik yang ramah lingkungan.” Pungkasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close