Trending

Polisi kawal 3 pria lari pakai mobil patroli, akhirnya kena sanksi

Belakangan ada sebuah video viral yang menggambarkan adanya mobil patroli polisi kawal tiga pria yang sedang lari di By Pass Nurah Rai, Bali. Pada video tersebut, terlihat mobil polisi dengan sirine menyala berjalan pelan.

Lalu, di belakang mobil patroli polisi itu, tampak tiga orang pria dan seekor anjing sedang ber-lari kecil. Usai video ini beredar luas di media sosial, publik pun ramai-ramai mengecamnya.

Baca juga: Hari ini mahasiswa janji demo besar di Istana, BEM SI: Ada 5 ribu orang

Bagaimana tidak, sebab mobil patroli polisi yang seharusnya melakukan kawal pada yang membutuhkan, justru memberikan pengawalan pada tiga orang yang sedang lari. Lengkap dengan bunyi-bunyian sirine.

Terkait hal ini, Polda Bali pun angkat suara. Menurut Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Syamsi, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan pada oknum anggota yang telah melanggar prosedur pengawalan. Pihaknya kemudian memberikan sanksi administrasi berupa sanksi teguran lisan agar tidak mengulangi perbuatannya.

Petugas kepolisian yang bertugas. Foto: Twitter
Petugas kepolisian yang bertugas. Foto: Twitter

“Tindakan disiplinnya berupa sanksi administrasi. Pertama membuat permohonan maaf bahwa beliau tidak akan mengulangi perbuatannya lagi, atau kegiatan pengawalan seperti ini lagi. Kemudian yang kedua adalah teguran lisan,” kata dia disitat Kompas TV, Selasa 20 Oktober 2020.

Tidak sesuai

Polda Bali menegaskan, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 1993 tentang kendaraan yang mendapatkan prioritas menggunakan jalan lalu lintas dengan pengawalan, hanya dapat dilakukan kendaraan pemadam kebakaran, mobil ambulans, atau kendaraan kepala negara.

Syamsi mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, peristiwa mobil patroli polisi kawal tiga orang lari itu terjadi pada Kamis 15 Oktober 2020, sekitar pukul 08.50 WITA. Atas hal ini pun, pihaknya menyayangkan hal itu terjadi.

Sebab, kata dia, dalam pengawalan sudah ada peraturan dan prosedurnya sendiri. “Ini tidak sesuai dengan prosedur sehingga diperiksa. Pengawalan itu ada persyaratan yang harus dipenuhi. Itu tidak sesuai SOP pengawalan,” katanya.

Sementara itu, seperti dilansir dari laman polri.go.id, setiap orang memiliki hak yang sama menggunakan sarana dan prasarana jalan untuk kepentingan lalu lintas. Namun, sejumlah pihak mendapatkan prioritas menggunakan jalan. Hal itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.

Polisi tegah mengatur lalu lintas jalan raya. Foto: Sayangi.
Polisi tegah mengatur lalu lintas jalan raya. Foto: Sayangi.

Dalam Pasal 65 Ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993 disebutkan, pengguna jalan wajib memprioritaskan sejumlah pihak, seperti, kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, ambulans yang membawa orang sakit, dan kendaraan untuk memberi pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, kendaraan Kepala Negara (Presiden dan Wakil Presiden) atau pemerintah asing yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, konvoi atau kendaraan penyandang disabilitas, dan kendaraan untuk keperluan khusus atau mengangkut barang tertentu.

Sementara esensi dari pengawalan yakni memberikan pengamanan, baik terhadap kendaraan yang dikawal, maupun pengguna jalan lain yang berada di sekitar kendaraan yang dikawal.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close