Trending

Pollycarpus tutup usia, jejak rekam pembunuh munir dan penjual telor asin

Pollycarpus tutup usia di RSPP Jakarta karena covid-19, jejak rekam pembunuh munir ini cukup panjang hingga dikenal penjual telor asin.

Mantan pilot Garuda Indonesia ini namanya langsung mencuat dan menjadi aktor dari pembunuhan aktivis pembela HAM Munir Said Thalib. Pollycarpus tutup usia kini sebelumnya menjadi tersangka atas pembunuhan tersebut dengan dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

Baca juga: PA 212 ogah dukung Prabowo, Gerindra: Bikin aja partai sendiri

Jejak rekam Pollycarpus sendiri bisa dikatakan sebagai misteri, karena sosoknya yang dikenal public melalui informasi pemberitaan, hanya diketahui Sebagai pilot Garuda. Tidak diketahui jelas siapa sosok Pollycarpus yang berani mengambil keputusan mengakhiri hidup Munir yang tengah melakukan perjalanan ke luar negeri tersebut.

Pollycarpus tutup usia
Pollycarpus tutup usia Foto: Antara.

Pegiat aktivis HAM yang dikenal bersuara lantang melawan rezim yang berkuasa di era orde baru memang tak hanya dikenal di Indonesia namun sudah cukup ternama di dunia international yang memiliki sosok pejuang bagi pelanggaran HAM yang dilakukan penguasa. Munir diketahui diracun dalam penerbangan yang saat itu tengah menumpang maskapai Garuda Indonesia.

Selama di penjara Pollycarpus sendiri tak mendapat banyak sorotan, baik lelaku maupun kehidupannya di dalam penjara yang menarik diungkap seperti banyak pejabat tenar yang mendapat perhatian soal kehidupan mewah dalam penjara.

Belakangan nama Pollycarpus kembali mencuat sebentar setelah dirinya bebas dari penjara. Terlebih pasca bebas dalam waktu singkat, Partai Berkarya besutan Tommy Soeharto langsung mengganjar Pollycarpus sebagai anggotanya.

Pollycarpus politikus Partai berkarya
Pollycarpus politikus Partai berkarya Foto: Antara

Pollycarpus telor asin

Perjalanan panjang Pollycarpus selama di tahanan membuat sang istri harus menjadi single parent, dengan menjual telor asin untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Sang istri yang berjuang sendiri, akhirnya menjual telor asin ketika Pollycarpus berada di dalam tahanan dan tidak mendapatkan nafkah kepada keluarga.

Penjualan telor asin yang dilakukan istri Pollycarpus sontak menjadi perhatian setelah mantan pilot Garuda ini keluar dari penjara yang kemudian langkah istrinya menjadi bagian jejak rekam politikus partai Berkarya.

Pollycarpus tutup usia
Pollycarpus tutup usia Foto: Via radar cirebon

Bebas penjara pollycarpus langsung dapat pekerjaan

Jejak rekam Pollycarpus terbilang cukup lancar, nasibnya sebagai mantan narapida tak mencatatkan perjalanan karirnya. Karena setelah keluar penjara selama 8 tahun dari 14 tahun tuntutan karena dinilai berkelakuan baik dan mendapat jatah remisi.

Pollycarpus langsung mendapatkan tawaran bekerja dengan jabatan yang cukup fantastis. Dalam status mantan narapidana, Pollycarpus langsung mendapatkan tawaran bekerja  sebagai Wakil Direktur PT Gatari Air Force, merupakan perusahaan penerbangan yang tercatat milik Tommy Soeharto.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close