Trending

Polwan meninggal ditabrak wakil bupati ternyata mualaf rajin bersih masjid

Duka menyelimuti keluarga almarhumah Polwan Bripka Christin Batfeni. Si polwan itu meninggal dunia ditabrak mobil yang dikemudikan Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi yang mabuk. Banyak kisah yang membekas di hati putra putri almarhumah. Ternyata, almarhumah Polwan ditabrak wakil bupati itu mualaf lho.

Ada beberapa fakta dan kisah dari almarhumah yang diungkapkan ke publik oleh putrinya. Curhatan dari putri Bripka Christin. Dalam sebuah unggahan video di TikTok, putri almarhumah membagikan ibunya rajin membersihkan tempat ibadah lho.

Baca juga: Insiden penusurkan Syekh Ali Jaber, ulama banjir tawaran pengawalan

“Ini bundaku seorang mualaf yang benar-benar tergerak hatinya sebelum ke kantor suka membantu masyarakat membersihkan masjid di pagi hari,” tulis putri almarhumah di akun @keisakhedira dikutip Jumat 18 September 2020.

Merespons postingan tersebut, banyak pengguna Twitter yang mendoakan almarhumah dan putri serta keluarganya semoga tabah menghadapi dengan kenyataan tersebut.

@bundasayang13

MasyaAllah..Sehat2 selalu Bundaku sayang😘😇🙏🏻

♬ Bad Liar (cover remix) – putra_jaya29

Nasib si wakil bupati

Kasus kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang melibatkan Erdi Dabi (ED), bakal calon bupati (Bacabup) dari Kabupaten Yalimo, dinilai belum berpengaruh pada proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang sedang dijalani, kata Komisioner KPU Provinsi Papua Melkianus Kambu.

Komisioner KPU Provinsi Papua Melkianus Kambu.
Komisioner KPU Provinsi Papua Melkianus Kambu. Foto Antara/Melkianus Kambu.

Melkianus Kambu di Kota Jayapura, Papua, Kamis menyatakan bahwa pencalonan bacabup asal Yalimo Erdi Dabi tetap berlanjut, meski yang bersangkutan sedang terlibat kasus laka lantas di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota.

“Sebelum ada dasar hukum dari pengadilan, maka tahapan pencalonan tetap berlanjut,” kata Melkianus Kambu.

Menurut dia, Erdi Dabi yang juga tercatat sebagai Wakil Bupati aktif di Yalimo saat ini tetap menjadi calon peserta pilkada, yang selanjutnya menunggu penetapan sebagai calon tetap peserta Pilkada pada 23 September mendatang.

Terkait dengan proses hukum terhadap Erdi Dadi, kata dia, itu merupakan ranah kepolisian namun hal itu tidak menggugurkan pencalonannya.

“Silahkan proses hukum berjalan, tapi dari KPU yang bersangkutan belum ada putusan tetap, maka sekali tahapan pencalonannya tetap berlanjut. Jika dalam perkembangannya, Erdi Dabi ditahan kepolisian karena kasusnya itu, maka untuk tahapan pencalonannya bisa didelegasikan ke timnya,” katanya.

Baca juga: Ahok saran bubarkan BUMN, lihat jabatan komisaris banyak titipan

Menyangkut potensi, jika Erdi Dabi digantikan sebagai bakal calon, menurut Melkianus semua itu dapat dilakukan jika yang bersangkutan mengundurkan diri, dengan dasar hukum dari pengadilan.

“Intinya dari sisi regulasi hukum belum ada putusan yang mengikat atau inkrah. Kalau yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai calon ya bisa saja, dan itu dikembalikan ke partai politik pendukung. Tapi kan kembali lagi, belum ada putusan inkrah,” katanya.

Ketika disinggung apakan KPU telah mendapat laporan resmi dari tim Erdi Dabi terkait kasus laka lantas tersebut, Melkianus mengaku hingga kini pihaknya belum menerima laporan yang dimaksud. “Mungkin sudah dilaporkan ke KPU Kabupaten Yalimo,” katanya.

Kronologi Polwan ditabrak wakil bupati

Garis polisi
Garis polisi. Foto Instagram @jeffry_burhanbros

Sebelumnya bakal balon bupati sekaligus Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dadi terlibat lakalantas di Polimak, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura pada Rabu 16 September 2020 pagi hingga menyebabkan Bripka Christin meninggal di lokasi kejadian.

Si wakil bupati bersama rekannya, diketahui dalam kondisi mabuk alkohol saat mengendarai mobil Toyota Hilux dari arah Jayapura menuju Entrop dengan kecepatan tinggi.

Wakil bupati itu menjadi pengemudi, tidak dapat mengendalikan laju kendaraan hingga akhirnya hilang kendali hingga akhirnya menabrak seorang pengendara motor, yang diketahui merupakan anggota Propam Polda Papua, Bripka Christin MB.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close