Trending

PPKM darurat diperpanjang sampai 25 Juli, Ferdinand: Sabar ya, ini untuk keselamatan nyawa rakyat

Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan bahwa pelaksanaan PPKM darurat di Pulau Jawa dan Bali diperpanjang hingga tanggal 25 Juli 2021.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah mengevaluasi pelaksanaan PPKM darurat yang berlaku sejak 3 Juli hingga berakhir hari ini, Selasa 20 Juli 2021. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pernyataan resminya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa malam.

“Ini (PPKM darurat diperpanjang) dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19, dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit, sehingga tidak membuat lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien Covid-19, serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli 2021. Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat mengumumkan perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli 2021. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi kemudian mengatakan pemerintah membuka peluang melakukan pelonggaran kegiatan masyarakat secara bertahap mulai 26 Juli 2021, jika tren kasus Covid-19 terus menurun.

“Namun kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan, dan mendengar suara-suara masyarakat terdampak PPKM. Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap,” ujar mantan Walikota Solo tersebut.

Sejumlah skenario pelonggaran telah disiapkan oleh pemerintah, jika memang nantinya penanganan Covid-19 terus membaik.

Ferdinand minta sabar

Menanggapi keputusan pemerintah yang memberlakukan perpanjangan waktu PPKM darurat, pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean pun meminta masyarakat bersabar.

Ferdinand Hutahaean
Ferdinand Hutahaean. Foto Instagram @ferdinand_hutahean

Eks politisi Partai Demokrat itu juga berharap semoga angka positif Covid-19 bisa berada di bawah angka 20 ribu, sehingga pemerintah bisa melakukan pelonggaran. Di akhir tulisannya, Ferdinand mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil presiden demi menjaga keselamatan nyawa rakyat Indonesia.

Sabar ya, PPKM sampai 25 Juli 2021 mudah2an positif covid nanti sdh berada di bawah 20 ribu sehingga PPKM bisa terus diperlonggar spy kehidupan bergulir. Yang pasti kebijakan ini utk menjaga keselamatan nyawa rakyat,” tulis Ferdinand Hutahaean di Twitter.

Cuitan Ferdinand Hutahaean itupun ditanggapi oleh sejumlah warganet dengan beragam komentar.

Semua pasti sudah di pertimbangkan dengan baik, keputusan ini pasti sudah didiskusikan dengan ahli-ahli dan seluruh kepala daerah. Berat memang, tapi life must go on,” kata salah satu akun.

Hmmm, semoga 5 hari kedepan nafas masih kuat untuk diajak bertahan hidup,” sahut yang lainnya.

Cuman 1 minggu. Sebegitu hati2nya pak Jokowi. Sakit hati bnget liat coment2 yy maki2 beliau,” cuit salah satu warganet.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close