Trending

Catat nih kapan PPKM dihentikan, Luhut jawab begini

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Luhut Pandjaitan mengungkapkan banyak pertanyaan soal masa depan PPKM. Kapan PPKM dihentikan? Pertanyaan ini belakangan terus muncul seiring keputusan pemerintah terus memperpanjang PPKM pekan demi pekan.

Luhut menegaskan PPKM dengan metode level ini akan terus berlaku dan diperpanjang selama masih terjadi pandemi Covid-19. PPKM ini mau tidak mau terus dilakukan untuk menertibkan masyarakat supaya disiplin mengurangi kasus baru Covid-19.

Kapan PPKM dihentikan Lhut jawabnya

Aksi demo di Bandung menolak perpanjangan PPKM. Foto: CNN Indonesia
Aksi demo di Bandung menolak perpanjangan PPKM. Foto: CNN Indonesia

Luhut mengaku mendapatkan banyak pertanyaan dari masyarakat, kapan sih PPKM ini dihentikan. Luhut mengatakan tergantung level dari PPKM-nya.

“Kapan PPKM dihentikan atau dilanjutkan? Selama masih pandemi Covid-19, PPKM tetap digunakan. Ini sebagai instrumen untuk menekan mobilitas. Kalau situasi membaik, level PPKM akan diturunkan ke level lebih rendah. Kalau PPKM sudah Level 1 dan Level 2, artinya situasi mendekati normal,” kata Luhut yang juga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi dalam konferensi pers daring, Senin malam 16 Agustus 2021.

Luhut mengatakan data terkini, angka kasus Covid-19 di Pulau Jawa Balidan luar Jawa menunjukkan hasil yang bagus. Maksudnya angka kasus sudah lebih baik bisa ditekan.

Namun demikian, Luhut mengingatkan semua pihak pemangku kepentingan supaya tidak kendor dalam pengetatan dalam penanganan Covid-19.

“Kita jangan terlalu euforia dengana angka (kasus) yang baik ini, di ASEAN Indonesia termasuk yang paling cepat lakukan tindakan, tapi kita tetap super hati-hati. Kita kalau tak taat prokes bukan tidak mungkin ini naik lagi, dan memukul kita semua, baik ekonomi dan kemanusiaan,” jelas Luhut.

Tiga pilar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Ist
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Ist

Pensiunan jenderal bintang empat ini menegaskan kembali kunci atau pilar penanganan Covid-19 adalah vaksinasi, penerapan 3T dan prokes. Pembukaan mobilitas dilakukan secara gradual dan dievaluasi seiring kecepatan vaksinasi.

Peningkatakan jangkauan vaksinasi mesti cepat dan terus meluas, dan testing tracing treatment yang tinggi serta kepatuhan prokes 3 M itu mesti dijalankan dengan disiplin.

“Tracing untuk Jawa Bali berdasarkan laporan TNI Polri sudah capai rasio kontak capai 4-5 orang. Ini tentu ini tingkatkan lagi dalam penanganan pandemi yang mana kita kedepankan keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi,” jelasnya.

Pemerintah kembali memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4, 3 dan 2 sampai 23 Agustus 2021.

Dengan demikian, ini adalah kali keenam secara berturut-turut aturan PPKM diperpanjang. Awalnya, PPKM darurat diterapkan sejak bulan Juli.

“Atas arahan dan petunjuk Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi, PPKM level 4, level 3 dan level 2 di Pulau Jawa – Bali akan diperpanjang sampai tanggal 23 Agustus 2021,” kata Luhut dikutip dari Suara.com, jaringan Hopsi.id.

Dia mengatakan, perpanjangan PPKM itu sejatinya ditujukan untuk menjaga tren positif penurunan jumlah pasien covid-19 di Jawa maupun bali selama sepekan terakhir.

Untuk diketahui, PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali yang dimulai sejak 3 Agustus 2021 lalu berakhir hari ini, setelah sebelumnya sempat diperpanjang.

Awalnya, PPKM Darurat diterapkan pada 3-20 Juli 2021 di Jawa Bali, dan 12-20 Juli 2021 di luar Jawa-Bali.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close