Trending

PPKM Level 4 lanjut sampai 9 Agustus, Jokowi: Percepat bansos rakyat!

Presiden Jokowi mengumumkan PPKM Level 4 dilanjutkan atau diperpanjang dari 3 sampai 9 Agustus 2021. Jokowi mengakui dari perkembangan data terakhir PPKM Level 4 yang sebelumnya sudah cukup bagus dalam upaya perbaikan menekan kasus Covid-19, namun begitu untuk terus menjaga progres ini, PPKM Level 4 terus dilanjutkan dan percepat bansos.

Jokowi mengatakan untuk menyokong pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat selama PPKM Level 4 lanjutan, pemerintah akan menyerahkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat terdampak PPKM.

PPKM lanjut, Jokowi bilang begini

Presiden Jokowi. Foto: Antara
Presiden Jokowi. Foto: Antara

Presiden Jokowi menyatakan PPKM Level 4 dilanjutkan satu pekan ke depan untuk beberapa kota dan kabupaten.

“PPKM Level 4 26 Juli-2 Agustsu 2021 telah membawa perbaikan di skala nasional dalam penanganan Covid-19 dibandingkan sebelumnya, baik kasus harian, kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan BOR,” kata Jokowi dalam keterangan persnya, Senin 2 Agustus 2021.

Namun demikian, Jokowi memutuskan PPKM Level 4 terus berlanjut. Jokowi belum mau membuka PPKM.

“Oleh karena itu dengan menimbang beberapa indikator, pemerintah melanjutkan PPKM Level 4 dari 3-9 Agustus, di beberapa kabupaten, kota tertentu dengan penyesuaian mobilitas dan pembatasan masing-masing daerah,” kata dia.

Jokowi menegaskan kebijakan penanganan pandemi bertumpu pada 3 pilar yaitu kecepatan vaksinasi terutama di wilayah pusat mobilitas dan ekonomi, penerapan 3M di seluruh komponen masyarakat dan ketiga kegiatan 3T secara masif, menjaga BOR serta penambahan fasilitas isolasi terpusat, ketersediaan obat dan oksigen.

“Kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai data terakhir. Dalam situasi apapun kedisiplinan protokol kesehatan adalah kunci kesehatan dan mata pencaharian masyarakat,” kata Jokowi.

Bansos PPKM Level 4

Masyarakat menerima bantuan sosial Covid-19
Bantuan sosial pemerintah untuk masyarakat Foto: antara

Jokowi mengatakan untuk teknis pembatasan PPKM Level 4 akan dijelaskan olen menteri koordinator terkait.

Nah untuk mengurangi beban masyarakat selama PPKM Level 4 lanjutan ini, pemerintah percepatan mengucurkan bantuan sosial, mulai dari Program Keluarga Harapan, Bantuan Sosial Tunai dan Bantuan Langsung Tunai desa, bantuan untuk UKM, bantuan untuk PKL dan warung, bantuan subsidi upah yang sebelumnya sudah berjalan, serta program bantuan presiden untuk usaha mikro produktif.

Jokowi mengatakan walau sudah ada perbaikan dan perkembangan penanganan Covid-19, namun Kepala Negara mengingatkan Covid-19 masih dinamis dan fluktuatif. Makanya dia mengingatkan masyarakat untuk waspada dalam melakukan berbagai upaya mengendalikan Covid-19.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close