Trending

Prabowo jumatan di Hagia Sophia?

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sedang mengadakan kunjungan kerja di Turki. Nah pada Jumat ini, pemerintah Turki memutuskan menggelar salat Jumat pertama di hagia Sophia dalam 86 tahun terakhir.
Publik berspekulasi apakah nantinya Prabowo bakal Jumatan di Hagia Sophia?

Juru Bicara Prabowom Dahnil Anzar Simanjuntak mengonfirmasi, dikutip dari laman Rmol, Menteri Pertahanan memang sedang berkunjung di Turki, untuk membahas kerja sama di bidang pertahanan.

Baca juga: Setelah 86 tahun, jumatan masjid Hagia Sophia siapkan 3 imam 5 muazin

Ngapain Prabowo di Turki

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir. Foto Twitter @IsmailDemirSSB

Kunjungan Prabowo ke Turki terungkap ke publik oleh cuitan Presiden Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir di postingan media sosialnya.

Dalam postingan kerja sama tersebut, Ismail berfoto dengan prabowo. Dalam cuitannya, Ismail mengatakan kedua pihak membincangkan kerja sama alat pertahanan.

“Kami mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan delegasinya. Pada pertemuan tersebut, kami bertukar pandangan tentang kerja sama dan masalah ekspor di berbagai bidang, terutama UAV, kendaraan laut dan darat,” pada cuitannya Rabu 22 Juli 2020.

Nah kebetulan Jumat ini, Hagia Sophia yang telah diubah menjadi masjid, akan menggelar Salat Jumat perdana.

Prabowo Jumatan di Hagia Sophia?

Prabowo Subianto dan Ismail Demir. Foto Twitter @IsmailDemirSSB

Salah satu yang meyakini Prabowo bakal menunaikan Jumatan di Hagia Sophia adalah sosiolog Musni Umar. Dalam akun Twitternya, Musni Umar mengatakan yakin mantan lawan Jokowi di Pilpres 2019 itu akan ke Hagia Sophia untuk ibadah Salat Jumat.

“Saya yakin hari ini, Jumat, 24 Juli, Menhan Prabowo shalat Jumat di Hagia Sophia bersama Presiden (Recep Tayyip) Erdogan,” cuitnya.

3 imam 5 muazin

Kaligrafi Muhammad di Hagia Sophia
Kaligrafi Muhammad di Hagia Sophia. Foto Pixabay/yusseyhan

Untuk menyelenggarakan Salat Jumata perdana, Masid Hagia Sophia menyiapkkan 3 imam dan 5 muazin.

Kepala otoritas agama Turki, Ali Erbas, pada hari Kamis mengumumkan pengangkatan tiga imam yang akan memimpin sholat di masjid Hagia Sophia yakni Mehmet Boynukalin, yang memiliki gelar sebagai profesor hukum Islam di Universitas Marmara Istanbul, dan Ferruh Mustuer dan Bunjamin Topcuoglu, para imam dari dua masjid Istanbul lainnya.

Selain imam, Erbas seperti dikutip NYT, juga menyebutkan lima muazin yang akan menyerukan azan dan bertugas memimpin doa selama penyelenggaraan ibadah di Hagia Sophia. Kelima Muazin tersebut berasal dari dua Masjid Biru Istanbul yang terkenal.

Untuk kelancaran ibadah, pihak berwenang telah menetapkan area terpisah di luar Hagia Sophia untuk pria dan wanita yang akan melaksanakan salat berjamaah di Hagia Sophia. Persiapan tersebut juga dilakukan untuk penyelenggaraan ibadah shalat jumat pertama.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close