Trending

Presiden Amerika Serikat puji habis kehebatan Jokowi

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengaku takjub dengan kepemimpinan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam menangani perubahan iklim di Indonesia. Bahkan, menurutnya, apa yang telah diperbuat Jokowi sangat berpengaruh terhadap kehidupan di dunia.

Utusan khusus Joe Biden, John Kerry mengatakan, di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia telah berhasil mengurangi pembukaan hutan terendah sejak 20 tahun terakhir.

Muslima Fest

“Sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia, apa yang terjadi di Indonesia sangat berarti bagi seluruh dunia,” ujar Kerry mewakili Biden pada program Climate Leaders Message yang berlangsung daring, dikutip Hops, Senin 19 Oktober 2021.

John Kerry juga memuji langkah Jokowi yang berhasil menurunkan angka deforestrasi atau perambahan hutan secara drastis. Itulah mengapa, pemerintah Amerika Serikat berkesimpulan, Indonesia memiliki peran penting dalam mencegah krisis iklim di dunia.

Amerika Serikat bahagia lihat kinerja Jokowi

Lebih jauh, dikutip dari Genpi, Kerry menjelaskan, Presiden Jokowi telah berkerja keras berupaya menyukseskan Climate Change Conference atau COP di Glasgow.

Menurutnya, orang nomor satu di Indonesia tersebut telah berhasil merehabilitasi jutaan hektar hutan mangrove dalam empat tahun terakhir atau sejak 2017 lalu. Kini, pemerintah Amerika Serikat menyampaikan rasa kagum dan bahagianya terhadap apa yang telah dilakukan Jokowi.

“Presiden Amerika Serikat bahagia Presiden Jokowi telah bekerja dengan baik, karena itu Amerika ingin bekerjasama dengan Indonesia dalam rangka perbaikan iklim terutama dalam COP Glasgow,” tegasnya.

Presiden Jokowi. Foto: Antara
Presiden Jokowi. Foto: Antara

Meski telah bekerja baik, namun Kerry berharap, pemerintah Indonesia bisa terus menyempurnakan kinerjanya di masa depan. Sebab, krisis iklim global merupakan tanggung jawab bersama.

“Sebagai negara keempat terbesar di dunia dengan gas rumah kaca, Pulau Indonesia merupakan penyumbang sekaligus korban krisis iklim global,” kata John Kerry

Diketahui, sebelumnya  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sempat menghadiri suatu acara makan malam bersama dengan John Kerry, dan membahas tentang upaya pencegahan perubahan iklim, termasuk di Indonesia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close