Fit

Pria India yang 70 tahun tak makan dan minum akhirnya meninggal dunia

Prahlad Jani, pria India yang mengklaim dirinya tak pernah makan dan minum selama 70 tahun akhirnya meninggal pada Selasa kemarin, 26 Mei 2020. Prahlad Jani meninggal di usia 90 tahun.

Menurut laporan AFP, Rabu 27 Mei 2020, pria yang acap menggunakan pakaian serba merah dengan cincin di hidung itu meninggal pada Selasa dini hari, di kediamannya di Desa Charada, Negara Bagian Gujarat, India.

Baca Juga: Aurel kepergok hapus adegan cium Atta di youtube, warganet gempar

“Dia meninggal Selasa dini hari di kediamannya karena faktor usia. Dia dilarikan ke rumah sakit lepas tengah malam, tapi dinyatakan meninggal oleh para dokter,” kata Sheetal Chaudhary, tetangga Prahlad Jani.

Jenazahnya kemudian disemayamkan di kuil selama dua hari agar warga bisa memberikan penghormatan terakhir. Setelah itu, dia baru dikremasi pada Kamis besok.

Sosok Prahlad Jani semasa hidup

Semasa hidup Prahlad Jani memang dikenal sebagai pria yang tak pernah makan dan minum selama puluhan tahun. Bahkan banyak media yang menyebut kalau dia sudah tak makan dan minum sejak 70 tahun lalu.

Dalam wawancara dengan AFP pada 2003, Prahlad Jani mengaku mendapatkan ramuan kehidupan melalui lubang di langit-langit mulut yang memungkinkannya tak makanan dan minum sepanjang waktu.

Klaim Jani tersebut memang tak bisa terverifikasi. Dokter menegaskan, seseorang tidak bisa tahan tanpa minum dan makan berhari-hari karena akan memicu rusaknya organ tubuh.

Prahlad Jani semasa hidup. Foto: AFP.
Prahlad Jani semasa hidup. Foto: AFP.

Klaim Jani menarik minat komunitas medis India. Pada 2010, tim dokter militer mempelajarinya selama dua pekan di sebuah rumah sakit Ahmedabad.

Jani diawasi menggunakan CCTV, menjalani pemindaian tubuh dan otak, serta pemeriksaan pembuluh darah. Dokter juga melakukan tes jantung, paru-paru, dan kapasitas memori.

Hasil pemeriksaan pria itu benar-benar memang tak makan dan minum, atau ke toilet. Satu-satunya kontak dengan cairan adalah saat berkumur dan mandi.

Namun hasil penelitian detail yang dilakukan Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India tidak pernah dipublikasikan.

Klaim diberkahi dewi

Sementara itu, dalam laporan Fox News, Prahlad Jani, yang juga seorang yogi India, saat diwawancara pada 2003 lalu, mengaku kalau dirinya telah diberkati oleh seorang dewi sebagai seorang anak, yang memungkinkan dia untuk bertahan hidup tanpa kebutuhan dasar.

Prahlad Jani semasa hidup. Foto: AFP.
Prahlad Jani semasa hidup. Foto: AFP.

Atas hal ini, sejumlah dokter yang menelitinya pun keheranan karena pria ini memang bisa bertahan lama tanpa makan dan minum sedikit pun.

“Kami masih tidak tahu bagaimana dia bisa bertahan,” kata ahli saraf Sudhir Shah pada 2010 lalu. “Masih menjadi misteri fenomena apa ini.”

Kini, jenazah Jani telah dibawa ke Ambaji, untuk diberikan penghormatan terakhir padanya. Dan baru dikremasi besok hari.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close