Unik

Diusir dari apartemen karena melolong seperti serigala, Pria ini ungkap masalah psikis

Masalah psikis yang ia idap tak umum dialami.

Seorang pria di Amsterdam terpaksa pindah dari apartemennya karena diusir. Pria ini kerap melolong seperti serigala dan membuat gaduh sehingga dikeluhkan para tetangga.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu diperintahkan oleh hakim untuk pindah dari apartemen yang dia sewa di Amsterdam Zuidas karena kerap melolong di malam hari dan membuat bising.

Baca Lainnya

  • Dikutip laman NL Times, 22 Februari 2021, penyewa itu diadukan karena banyaknya keluhan kebisingan dari tetangganya sejak Oktober 2019. Beberapa tetangganya yang sudah tidak tahan terpaksa pindah beberapa bulan sebelumnya.

    Ilustrasi rumah berhantu
    Ilustrasi rumah berhantu. Photo: Pixabay

    Pria itu dituduh membuat “tangisan yang keras dan menakutkan” yang terkadang terdengar seperti serigala yang melolong.

    Hal itu ternyata diakuinya. Ia memang kerap melolong dan membuat kebisingan. Namun ia mengaku punya alasan kenapa melakukannya.

    Kepada hakim ia mengaku tidak bisa mengendalikan dirinya lantaran mengidap gangguan vokal yang disebabkan oleh masalah psikis yang dikenal dengan sindrom Tourette.

    Di awal tahun ia mengaku telah menjalani perawatan di fasilitas psikiatri dan mulai minum obat. Disebutnya kala itu lolongannya di malam hari mulai berkurang.

    Untuk sementara, gangguan suaranya mulai tenang, namun beberapa minggu kemudian tetangga melaporkan keluhan kebisingan ke polisi sebanyak 13 kali dalam tiga hari. Dinding kedap suara yang dipasang pada April 2020 juga tidak membantu meredam suara berisik.

    Pada Oktober tahun lalu, perusahaan perumahan Eigen Haard, meminta pria tersebut untuk pindah dari apartemen. Namun, pindah apartemen tidak memungkinkan pada saat itu karena pandemi virus corona dan penyewa memohon agar dia tetap tinggal di apartemennya.

    Serigala
    Serigala foto: Pixabay

    Beberapa penghuni bahkan menjual apartemen mereka. Pada bulan Januari, setelah adanya keluhan dari warga bahwa penyewa “kembali membuat bising”, Eigen Haard membawa kasus tersebut ke pengadilan.

    Seorang hakim memutuskan bahwa karena situasi tidak menunjukkan perbaikan apapun, penyewa apartemen harus mengosongkan tempat tersebut.

    Mengenal sindrom tourette

    Dilansir laman Web MD, memang betul ada sindrom yang menyebabkan manusia tidak bisa mengendalikan suaranya, termasuk melolong.

    Sindrom Tourette adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya tiba-tiba melakukan gerakan atau ucapan berulang yang tidak disengaja dan di luar kendali, yang disebut tic.

    Kondisi ini biasanya dimulai pada usia 2-15 tahun, dan lebih umum terjadi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan.

    Tic umum terjadi pada anak-anak, dan biasanya tidak bertahan lebih dari satu tahun. Namun pada anak-anak dengan sindrom Tourette, tic berlangsung selama lebih dari satu tahun dan muncul dalam berbagai macam perilaku.

    Penyebabnya hingga kini belum bisa dipastikan. Namun ada sejumlah dugaan bahwa kondisi ini disebabkan oleh sistem saraf otak, genetik, hingga lingkungan.

    Meski terdengar mengkhawatirkan, namun sindrom tourette dengan gejala yang ringan umumnya tidak memerlukan pengobatan.

    Namun jika gejala yang dialami cukup parah, mengganggu aktivitas keseharian, atau membahayakan diri, ada beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan, seperti psikoterapi, obat-obatan, hingga DBS (deep brain stimulation).

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close