Trending

Profesor Megawati: Bener 350 tahun? kok orang dijajah seneng banget ya

Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri telah menyandang gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Pertahanan. Dalam orasi ilmiahnya, Megawati mengulas soal kepemimpinan strategik. Di sela orasinya, Megawati sampai heran emang benar ya bangsa Indonesia itu dijajah 350 tahun. Megawati sangsi betul dengan teori itu.

Megawati mengatakan dalam perspektif kekinian, kepemimpinan strategik setidaknya dihadapkan pada tiga perubahan besar yang mendisrupsi kehidupan manusia, yaitu perubahan pada tata kosmik, teknologi realitas virtual dan genetika.

Tiga perubahan lahirkan penjajahan gaya baru

Megawati Soekarnoputri orasi ilmiah
Megawati Soekarnoputri orasi ilmiah di Unhan. Foto PDI Perjuangan

Megawati menjelaskan dalam perspektif kekinian, kepemimpinan Strategik setidaknya dihadapkan pada tiga perubahan besar yang mendisrupsi kehidupan manusia.

Pertama adalah perubahan pada tataran kosmik sebagai bauran kemajuan luar biasa ilmu fisika, biologi, matematika, dan kimia. Hal ini memunculkan teknologi baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya seperti rekayasa atomik.

Kedua, revolusi di bidang genetika, yang bisa mengubah keseluruhan landscape tentang kehidupan ke arah yang tidak bisa dibayangkan dampaknya, manakala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dijauhkan dari nilai kemanusiaan.

Ketiga adalah kemajuan di bidang teknologi realitas virtual. Di mana seseorang dapat menikmati pengembaraan ke seluruh pelosok dunia bahkan ke luar angkasa tanpa meninggalkan rumahnya sama sekali.

Megawati mengatakan ketiga perubahan di atas, hadir dalam realitas dunia yang masih diwarnai berbagai bentuk ketidakadilan akibat praktek penjajahan gaya baru, namun tetap pada esensi yang sama. Yakni perang hegemoni, perebutan sumber daya alam, dan perebutan pasar, diikuti daya rusak lingkungan yang semakin besar.

“Hubungan antar negara dalam perspektif geopolitik, juga menunjukkan pertarungan kepentingan yang sama. Bahkan kini semakin meluas. Atas nama perang hegemoni lingkungan dikorbankan. Perubahan teknologi dalam ketiga aspek tersebut justru memperparah eksploitasi terhadap alam,” ujarnya dikutip dari siaran Youtube PDIP, Jumat 11 Juni 2021.

Kok 350 tahun, orang dijajah seneng banget ya

Megawati menerima gelar profesor
Megawati menerima gelar profesor dari Unhan. Foto Youtube PDIP

Nah saat bicara penjajahan, Megawati mengatakan sangsi lho apa benar ya bangsa Indonesia itu dijajah sedemikian panjangnya sampai 350 tahun.

“Saya sering ketemu ahli sejarah, saya sampai bilang tolong dong diperiksa kembali apakah kita benar dijajah 350 tahun, kok orang dijajah seneng banget ya. Kalau (dibandingkan) orang melahirkan itu berapa puluh kali ya. Apa iya kita 350 tahun?” tanya Megawati.

Putri Proklamator ini kemudian mengulas, perjuangan bangsa Indonesia untuk bisa lepas dari penjajahan dulu bisa jadi dilakukan sporadis, di sana sini. Mega menduga apakah karena perjuangan melawan penjajahan itu tidak runtut sehingga sejarawan mengatakan bangsa Indonesia dijajah 350 tahun.

“Kita kan sporadis ya, apakah dihitung nggak runtun gitu ya. Misalnya Pangeran Diponegoro dan lainnya sehingga bagaiman sampai sebuah kesimpulan kita terjajah 350 tahun. Saya kalau (zaman itu) sudah lahir di sana, saya ikut berontak. Tentu pak Prabowo setuju kok enak temen ya (menjajah lama banget)” kata dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close