Trending

Heboh bahasa Arab, profil Susaningtyas Kertopati ternyata sepupu Jenderal Budi Gunawan

Pengamat intelijen dan militer, Susaningtyas Nefo Kertopati atau Nuning Kertopati viral karena pernyataannya soal banyak sekolah Indonesia berkiblat pada Taliban. Ciri sekolah itu adalah tak hapal nama parpol, tak mau pasang foto presiden dan wakil presiden, tak hapal nama menteri dan memperbanyak bahasa Arab. Bagaimana ya profil Susaningtyas Kertopati?

Sontak pernyataan itu memicu kontroversi dan protes sana sini. Publik pun heran siapa sih sosok dan jejak Susaningtyas Kertopati yang bicara demikian itu.

Profil Susaningtyas Kertopati, mantan anggota DPR

Dalam penelusuran, Susaningtyas sebelumnya adalah anggota DPR Komisi I lho masa bakti 2009-2014 dari fraksi Hanura. Komisi I membidangi pertahanan, luar negeri dan komunikasi. Periode sebelumnya, Nuning duduk di parlemen melalui PDIP.

Pengamat Intelijen SusaningTyas
Pengamat intelijen Susaningtyas Kertopati Foto: Inews

Soal profil Susaningtyas Kertopati, pengamat kelahiran Jakarta ini gonta ganti parpol, PDI Perjuangan (1999-2005, Hanura (2006-2015) dan kemudian belakangan berbaju Perindo (2015 sampai sekarang).

Riwayat pendidikan Nuning yaitu S1 Kesejahteraan Sosial UI dan S2 Ilmu Komunikasi UI dan doktor Ilmu Komunikasi bidang intelijen keamanan Polri dari Universitas Padjajaran.

Selain pengalaman dunia politik, Nuning bergelut dunia bisnis juga lho. Nining menjadi Adviser PT Cipta Busana Jaya (1999-sekarang); Direktur Komunikasi/Advisor Texmaco Grup (1997-1999); PR Manager Texmaco Grup (1996-1997); Marketing & Public Relation beberapa perusahaan dan perbankan pada tahun 1989 hingga 1996. Nuning juga pernah lho jadi Wakl Ketua Yayasan Kebun Raya Bogor Indonesia pada 2000-2001.

Puji Kopassus

Nuning Kertopati pernah mengungkapkan kehebatan pasukan khusus TNI di mata dunia. Malahan dunia mengakui kualitas pasukan khusus TNI. Dia menunjukkan pasukan khusus TNI AD, Kopassus dipuji di dunia karena berkali-kali menjuarai kompetisi menembak mengalahkan tentara militer asing. Kopassus juara dengan bekal senjata buatan dalam negeri dari PT Pindad.

Pasukan elite Kopassus. Foto: Suara.
Pasukan elite Kopassus. Foto: Suara.

Kata Nuning, bukan cuma kehebatan Kopassus yang dipuji dunia. Kemampuan pasukan elite Kopaska juga diakui lho, sebab punya kekuatan napas yang lama dari tentara AL asing.

Susaningtyas kini merupakan pengajar di Universitas Pertahanan, kampus di bawah Kementerian Pertahanan pimpinan Prabowo Subianto.

Dia aktif merespons isu militer dan pertahanan keamanan. Waktu Kemenhan menganggarkan dana Rp1750 triliun, Nuning membelanya. Dia mengatakan rakyat jangan kebakaran jenggot dengan angka besar tersebut, sebab kebutuhan pertahanan keamanan memang gede.

Sepupu Budi Gunawan

Ternyata Nuning Kertopati adalah sepupu Jenderal purnawirawan Budi Gunawan lho. Jadi ayahnya Budi Gunawan, Seodarno Hendroto adalah paman dari Nuning Kertopati.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan.
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Foto: Antara

Hubungan kekeluargaan itu terungkap saat beberapa tahun lalu saat Budi Gunawan masih masih berpangkat Komisaris Jenderal dan calon Kapolri. Kala itu Budi Gunawan tersangkut masalah di KPK. Pada 2015, Komisi anti korupsi sedang mengusut transaksi gendut di rekening Budi Gunawan.

Nah Nuning dipanggil KPK, tapi kala itu berhalangan hadir karena sakit. Dia mengaku tak tahu menahu soal transaksi dengan Budi Gunawan, namun dia paham KPK ingin menelusuri rekening Budi Gunawan melalui saudaranya.

Nuning kala itu mengaku pernah ada transaksi dengan sepupunya itu, namun biasa wong kan saling tolong menolong dalam keluarga. Seingat Nuning dia pinjam dana segar ke Budi Gunawan untuk sebuah keperluan. Nuning membantah Budi memanfaatkan jaringan keluarganya untuk pencucian uang.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close