Trending

FPI baru punya 3 program unggulan, salah satunya aswajaisasi

Organisasi FPI baru telah dideklarasikan. FPI baru ini kepanjangannya adalah  Front Persaudaraan Islam (FPI). Sebagai organisasi baru tentunya punya landasan dasar atau Anggaran Dasar. Dalam aturan dasar ini, FPI baru punya tiga program unggulan lho. Kalian penasaran mau lihat dan tahu enggak detail Anggaran Dasar FPI baru ini?

Beberapa waktu lalu sempat diulas kan, FPI baru punya dua asas yaitu Pancasila dan Islam. Ternyata FPI baru ini memang punya prinsip soal Pancasila lho, yang mana tertera dalam AD organisasi.

FPI baru dan Pancasila

FPI baru ini didirikan di Petamburan pada 1 Januari 2021 atas maklumat Habib Rizieq pada 30 Desember 2020. Dalam aturan dasar organisasi, FPI baru sudah punya Anggaran Dasar. Ormas ini memiliki dia dimensi yaitu keagamaan dan kebangsaan. Makanya nggak heran FPI baru punya dua asas tersebut.

Deklarasi FPI di Bandung. Foto: Twitter
Deklarasi FPI di Bandung. Foto: Twitter

Pada ketentuan Bab II soal Asasi Organisasi, FPI baru ini punya wawasan keagamaan yang diatur dalam pasal 7 AD serta wawasan kebangsaan pada pasal 8 AD.

FPI baru ini punya 5 pokok wawasan kebangsaan yaitu

  1. Pedoman FPI : Al-Qur’an, As-Sunnah, Al-Ijma dan Al-Qiyas
  2. Motto FPI : Ikhlas dan Ikhtyat serta Tawakkal mencari ridho Allah SWT
  3. Semboyan FPI : Bangun Persaudaraan dan Bina Persatuan Serta Rajut Kebersamaan dalam Taat kepada Allah SWT
  4. Filsafat FPI : Pertolongan Allah SWT ada pada Persaudaraan dan Lersatuan Serta Kebersamaan
  5. Pedoman FPI : Berjuang adalah Kewajiban Sedang Kemenangan adalah Anugerah Allah SW

Sedangkan wawasan kebangsaan FPI yang baru dideklarasikan ini menempatkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Organisasi FPI berperinsip bahwasanya PANCASILA yang yang berintikan KETUHANAN YANG MAHA ESA adalah DASAR NEGARA bagi NKRI sebagaimana termuat dalam Undang-Undang Dasar 18 Agustus 1945 yang dijiwai Piagam Jakaray 22 Juni 1945 sebagaimana ditetapkan oleh Dekrit Presiden 5 Juli 1959,” demikian pasal 8 AD FPI.

Nah dalam rilis yang beredar, FPI punya dua asas dalam satu kesatuan lho. Asas keagamaan FPI adalah Islam, asas kebangsaan FPI adalah Pancasila. Asas ini tertera dalam Pasal 5 AD FPI.

FPI ini punya 5 paradigma juang yaitu Bela agama dan bela negara; Dakwah dan pendidikan Islam; Penegakan hukum dan HAM; Kemanusiaan dan penanggulangan bencana; Pengembangan media yang jujur dan amanah;

Program unggulan FPI

Nah dalam Anggaran Dasar, FPI baru menetapan tiga program juang unggulan lho. Ketiganya bernuansa keagamaan dan kebangsaan, perlindungan pada agama dan bangsa.

KH Qurtubi Jaelani dan Habib Rizieq
KH Qurtubi Jaelani dan Habib Rizieq. Foto FPI Banten

Organisasi FPI memiliki 3 (Tiga) Program Juang Unggulan yaitu:

1.DELIBERALISASI yaitu menjaga Islam dan Pancasila dari Rongrongan Ideologi Liberal yang menyerang Islam dan Pancasila serta melahirkan bahaya Atheis dan Komunis serta Kapitalis

2.DERADIKALISASI yaitu menjaga Islam dan Pancasila dari rongrongan Ideolgo Radikal yang merusak Islam dan Pancasila serta melahirkan bahaya Ekstrimis dan Teroris serta Separatis.

3.ASWAJAISASI yaitu menyebar-luaskan Ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang menebar Rahmatan Lil ‘Alamiiin melalui Da’wah dan Hisbah serta Jihad Konstitusional.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close