Trending

Ngeri! Puluhan orang terjebak di Waduk Jatiluhur cuma gegara tanaman, begini kondisinya

Puluhan orang dikabarkan terjebak di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat lantaran perahu yang mereka naiki tersangkut tanaman air, eceng gondok.

Setelah 6 jam terjebak, petugas gabungan berhasil mengevakuasi 23 wisatawan tersebut pada Minggu, 17 Oktober 2021 tengah malam. Saat dievakuasi, kondisi para wisatawan ini nampak lemas dan ketakutan.

Muslima Fest

Kejadian bermula ketika mereka sengaja datang ke Jatiluhur untuk memancing. Namun pada Minggu, 17 Oktober 2021 sore, saat hendak pulang perahu jukung yang mereka naiki terjebak eceng gondok sehingga perahu tidak bisa bergerak.

Puluhan orang terjebak di Waduk Jatiluhur. Foto: Antara
Puluhan orang terjebak di Waduk Jatiluhur. Foto: Antara

Usai dua jam berusaha membuka jalur perahu yang tertutup eceng gondok, petugas gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, dan BPBD Kabupaten Purwakarta, berhasil melakukan evakuasi kepada 23 wisatawan yang terjebak di Waduk Jatiluhur.

Petugas langsung memindahkan wisatawan ke perahu Polairud, dari perahu jukung yang sebelumnya dinaiki korban. Para korban yang terjebak dalam perahu tersebut, 20 di antara merupakan penumpang dewasa, dan tiga masih anak-anak.

Salah satu seorang korban yang terjebak, Heri Hermawan menjelaskan bahwa korban yang terjebak dalam eceng gondok di tengah Waduk Jatiluhur merupakan para penggemar mancing yang sengaja datang dan memancing di Waduk Jatiluhur.

“Kami berasal dari Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Subang,” katanya, mengutip Sindo.

Heri pun memaparkan kronologi kejadian tersebut. Kala itu dia bersama rombongan tiba di Waduk Jatiluhur pada Minggu, 17 Oktober 2021 siang.

Lalu meminta warga setempat mengantar ke tempat mancing menggunakan dua perahu jukung.

Kemudian pada sore hari, saat hendak pulang eceng gondok yang terbawa arus akibat angin menutup jalur perahu jungkung.

Berbagai upaya untuk membuka jalur yang tertutup eceng gondok gagal. Akhirnya para korban terjebak di tengah waduk sejak puluk 16.00 WIB, dan baru berhasil dievakuasi petugas gabungan pada pukul 22.00 WIB.

Aparat kepolisian langsung bergerak cepat usai mendapat laporan

Penampakan Waduk Jatiluhur. Foto: Antara
Penampakan Waduk Jatiluhur. Foto: Antara

Menurut Kasat Polairud Polres Purwakarta, AKP Jajang Sukandar, pihaknya menerima laporan insiden tersebut pada Minggu (17/10/2021) pukul 19.00 WIB.

“Begitu menerima laporan, kami langsung bergerak melakukan upaya penyelamatan,” tuturnya.

Saat tiba di lokasi, petugas gabungan mengalami kesulitan mengevakuasi para korban, karena banyaknya enceng gondok di lokasi.

Upaya membersihkan enceng gondok untuk membuka jalur evakuasi, memakan waktu sekitar dua jam lamanya.

Sebagaimana diketahui rceng gondok di Waduk Jatiluhur ini, kini menjadi momok yang mengerikan. Warga terjebak eceng gondok sudah beberapa kali terjadi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close