Hot

Raih rating tinggi, ternyata ini rahasia sukses drakor Lovers of the Red Sky

Drama Korea (Drakor) Lovers of the Red Sky saat ini menjadi drama yang sedang hangat menjadi buah bibir. Bahkan drama bertema sejarah ini popularitasnya sangat menanjak. Terbukti dari ramainya interaksi di media sosial terkait drama ini serta tingginya rating yang didapat.

Bahkan, pada saat menayangkan episode 6, drama ini meraih rating yang sangat tinggi hingga dua digit. Menurut data dari Nielsen Korea, drama bertema sejarah yang dibintangi oleh Kim Yoo Jung dan Ahn Hyo Seop ini berhasil mendapatkan rata-rata rating sebesar 10,2 persen.

Angka tersebut berhasil mengalahkan rating tertinggi mereka sebelumnya yang berada di angka 9,7 persen, sehingga ini menjadi rating tertinggi yang pernah diraih oleh drama Lovers Of The Red Sky sejak pertama kali tayang.

Ternyata ada beberapa rahasia di balik tingginya popularitas dan rating yang diraih oleh drama tersebut. Berikut ini adalah beberapa rahasia di balik suksesnya drama Korea Lovers of the Red Sky:

Latihan super keras Ahn Hyeo Seop

Drama Korea Lovers of the Red Sky. Foto: Viu
Drama Korea Lovers of the Red Sky. Foto: Viu

Mendalami karakter yang diperankan adalah tugas paling berat bagi seorang aktor. Apalagi, kalau karakternya cukup kompleks. Inilah yang dirasakan Ahn Hyo-seop saat memerankan Ha Ram. Soalnya, dalam drama ini Ha Ram digambarkan sebagai peramal yang bukan hanya buta tapi juga memiliki kekuatan gelap.

Bahkan Hyo Seop saja merasa bahwa perannya ini penuh tantangan, sehingga dia harus banyak berlatih. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa dia secara khusus berlatih untuk menjadi tokoh yang buta. Ia banyak latihan membayangkan tidak mampu melihat sesuatu yang sebenarnya bisa dilihat. Selain itu kepribadian ganda dan keberadaan roh jahat di dalam diri Ha Ram juga membuat Ahn Hyo Seop harus menguasai berbagai ekspresi emosi yang muncul bergantian.

Kim Yoo Jung baca novelnya

Drama Lovers of the Red Sky ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jung Eun Gwol. Ternyata sebelum ditawari berperan sebagai tokoh utama, Kim Yoo Jung sudah membaca novelnya terlebih dahulu. Suka pada novelnya menjadi salah satu alasan Yoo Jung setuju memerankan karakter Hong Cheon Gi.

Karena sudah paham akan karakter Hong Cheon Gi lewat novel yang dibacanya, Yoo Jung berusaha menampilkan karakter itu ke dunia drama. Ia berusaha fokus agar peran yang dimainkan terlihat menyakinkan dan ekspresif, sehingga orang-orang yang menonton dapat memahami karakter Hong Cheon Gi.

Sedangkan berakting sebagai pelukis ternyata tidak terlalu berat bagi Yoo Jung. Karena aktris kelahiran 22 September 1999 ini memang hobi menggambar, bahkan sempat ikut kursus menggambar di waktu luangnya. Tidak heran jika Yoo Jung sangat luwes memerankan tokoh Hong Cheon Gi, karena ternyata persiapannya sudah total.

Gong Myeong belajar melukis

Drama Korea Lovers of the Red Sky. Foto: Viu
Drama Korea Lovers of the Red Sky. Foto: Viu

Karakter yang diperankan Gong Myung adalah Pangeran Yangmyeong yang romantis dan menyukai seni, terutama puisi dan kaligrafi. Dia juga sangat menghargai lukisan yang indah. Bahkan, karena tertarik dengan lukisan yang dibuat oleh Hong Cheon Gi, maka dia jadi berusaha mendekati dan akhirnya jatuh cinta pada pelukis itu. Ternyata Gong Myung punya persiapan tersendiri dalam memerankan pangeran yang berjiwa seni ini.  

Menurut Gong Myung, Pangeran Yangmyeong adalah karakter yang penuh emosi. Dia punya rasa artistik yang tinggi dan berbakat di bidang puisi, kaligrafi, dan lukisan. Agar bisa menampilkan sisi seni ini, ia belajar melukis dan kaligrafi dulu sebelum mulai syuting, sehingga bisa familiar dengan karya seni ini.

Selain familiar dengan karya seni saja, kakak dari Doyoung NCT ini juga berusaha menjalin chemistry dengan kedua lawan mainnya. Ia sudah sangat nyaman dengan Kim Yoo Jung sejak pertama kali syuting. Ia juga senang saat syuting bareng Ahn Hyo Seop. Menurutnya, chemistry antar pemain ini harus dijaga, karena merupakan poin utama dari drama ini. 

Sutradara yang menghargai sejarah

Bukan hanya para pemainnya saja yang melakukan berbagai persiapan. Sang sutradara, Jang Tae-yoo, juga termasuk yang paling sibuk mempersiapkan segalanya. Kesibukannya ini bahkan dimulai sejak casting para pemainnya. 

Tae-yoo mengatakan bahwa dia dan timnya turun langsung dalam proses casting. Karena untuk bisa menggambarkan tokoh Hong Cheon Gi yang memiliki kecantikan langka, kemampuan akting dan chemistry kuat pemain sangat diperlukan. Begitu melihat Kim Yoo Jung, ia langsung yakin kalau dialah pemain yang cocok.

Setelah urusan mencari pemain selesai, ia dihadapkan pada persiapan mengarahkan jalan cerita dari drama ini. Soalnya, drama ini berkaitan dengan sejarah Korea, jadi harus hati-hati dalam membuat jalan ceritanya supaya tidak terjadi konflik dan merusak sejarah aslinya. Setelah banyak berpikir, akhirnya ia mengubah latar dari drama ini. Tidak sama dengan novelnya, latar belakang drama ini ia ubah dari Kerajaan Joseon menjadi sebuah negara fiksi.

Itulah beberapa rahasia mengapa drama Lovers of the Red Sky berhasil menuai popularitas dan rating yang tinggi. Selain akting para pemerannya yang bagus, sederet faktor lain yang terjadi di balik layar juga berpengaruh besar terhadap kesuksesan drama tersebut.

Drama Korea Lovers of the Red Sky sendiri mengisahkan cinta segitiga antara pelukis wanita satu-satunya di Dohwaseo, peramal buta yang bisa membaca rasi bintang, serta pangeran yang romantis. Di Indonesia, drama ini tayang di platform streaming Viu setiap hari Senin dan Selasa.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close